Tak Butuh Kocek Dalam, Roller ini Bikin Napas Skutik Anda Lebih Panjang

DAPURPACU – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa skuter matik. Tujuannya tidak lain agar CVT dapat bekerja lebih efektif sesuai kebutuhan untuk menunjang aktivitas harian.

Langkah termudahnya adalah dengan mengganti komponen roller menjadi lebih ringan. Komponen yang lazim berbentuk bundar ini diklaim mampu mendongkrak kinerja CVT motor matik.

Umumnya roller punya beragam variasi berat dalam satuan gram. Berat roller sendiri mempengaruhi karakteristik dan performa dari motor matik, alias modif ‘kirian’.

Baru-baru ini, salah satu speedshop di bilangan Meruya, Jakarta Barat yaitu XO Motoshop baru saja melakukan pengujian pada produk Roller CVT Kit F4 lansiran Fenrir.

Diklaim roller tersebut sedang viral dikalangan anak-anak motor khususnya pemilik skutik dari berbagai merek motor yang dipasarkan saat ini di Indonesia.

Bengkel yang cukup mahfum di berbagai even balap motor nasional dan internasional itu meniagakan komponen tersebut satu set berisikan enam roller plus ring CVT khusus.

Baca juga:  New Honda Vario 125 Resmi Meluncur, Dibanderol Mulai Rp22 Jutaan

“Jadi kalkulasinya ga cuma fokus di berat roller-nya saja, tapi rasio puli depan pun ikut kena penyesuaian untuk memperluas ruang gerak V- Belt,” kata Krisna Leonard, pemilik XO Motoshop dalam siaran resminya, Selasa (22/2).

Lebih lanjut Krisna mengklaim bahwa produk roller Fenrir ini mampu meningkatkan akselerasi motor matic secara berimbang, tanpa mengorbankan salah satu top speed atau tarikannya.

Seperti diketahui, berat roller memang mempengaruhi karakteristik dan performa motor matik. Jika menggunakan roller ringan, maka akselerasi motor terasa lebih enteng namun top speed bisa berkurang dan terjadi sebaliknya jika menggunakan roller lebih berat.

“Konsumen nggak usah pusing pake berat roller ukuran berapa, contoh untuk Mio M3, Mio Z, Mio S, Mio GT, Fino, Lexi, Xeon itu cukup pakai roller Fenrir tipe F4-RR2.”

“Dan total jenis roller Fenrir Kit seluruhnya cuma ada enam macam untuk meng-cover semua jenis motor matik Honda dan Yamaha yang beredar,” imbuh Krisna, sembari membanderol paket itu seharga Rp100 ribuan.

Baca juga:  New Honda Vario 125 Resmi Meluncur, Dibanderol Mulai Rp22 Jutaan

Krisna melakukan pemasangan roller Fenrir di beberapa jenis motor seperti Yamaha Mio hingga New Nmax. Unit Mio bore up dijadikan percobaan pemasangan roller Fenrir kode F4-RR2.

Terlihat grafik Dyno menunjukkan keunggulan roller Fenrir dalam peningkatan performa. Dalam uji tersebut, hasil dyno untuk akselerasi (Mio) dengan roller merek lainnya itu hampir sama.

“Hanya saja di rpm 7300-7600, roller Fenrir menghasilkan tenaga lebih baik. Ketika rpm 7600 terlihat powernya lebih tinggi,” jelas Krisna.

Hasil dari pengujian dyno test tersebut disimpulkan, dengan menggunakan roller Fenrir, tarikan bawah tetap responsif dan nafas motor diputaran atas tetap bisa panjang.

Krisna sendiri mengaku cocok dengan karakter Fenrir karena ketika dibawa ke jalan macet, power-nya tidak ‘ngejutin’. Namun ketika ingin manuver dan grip gas ditarik, tenaganya keluar dan gasnya lebih panjang.

“Tenaga mesin dari rpm bawah sampai atas tetap stabil. PNP tanpa repot merubah komponen lainnya, cukup pasang roller Kit Fenrir F4 aja,” pungkasnya.

Baca juga:  New Honda Vario 125 Resmi Meluncur, Dibanderol Mulai Rp22 Jutaan

Sementara pada pengetesan di New Nmax didapatkan putaran mesin di angka 8800 rpm saat menggunakan roller Fenrir, sedangkan di 7800 rpm saat memakai roller standar.

Sebagai informasi, XO Motoshop juga menjual beragam kebutuhan sparepart racing dan melayani konsumen yang ingin melakukan modifikasi mesin, seperti bore up, stroke up, dan servis rutin buat motor harian.

Untuk yang ingin melakukan pemesanan, XO Motoshop hadir di semua marketplace. Atau bisa juga mengunjungi instagram @xomotoshopjkt. [dp/MTH]