Dukung Regulasi Standar Emisi, Daimler Truck Luncurkan Mercedes-Benz Axor Euro 4

DAPURPACU – Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) secara resmi meluncurkan Mercedes-Benz Axor Euro 4, Selasa (7/6) di ICE BSD, Tangerang.

Hadirnya truk Mercedes-Benz Axor Euro 4, merupakan bentuk komitmen DCVI untuk memenuhi kepedulian lingkungan yang berkelanjutan.

Selain itu, juga untuk mendukung regulasi pemerintah dalam menerapkan standar emisi Euro 4 pada kendaraan mesin diesel yang telah resmi diimplementasikan pada 7 April 2022 lalu.

Naeem Hassim, General Manager DCVI menuturkam, bahwa pihaknya berkomitmen terus melakukan proses transisi dengan melakukan penyempurnaan pada produk-produk unggulan.

“Kami sangat senang dapat berkontribusi dalam babak baru era transportasi kendaraan niaga di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya, Selasa.

Terkait produk, Mercedes-Benz Axor Euro 4 dirancang dengan mesin OM 906 LA, yang dilengkapi teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan ZPD pump.

“Kombinasi yang cocok untuk dioperasikan di Indonesia dengan pencapaian efisiensi maksimal bagi operator,” sambung Hassim.

Sebenarnya Mercedes-Benz Axor Euro 4 dengan sistem pembakaran selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue telah lama digunakan Daimler Trucks.

Keduanya disebut bakal menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar mesin. Sehingga, konsumen tidak perlu khawatir terhadap performa mesin selama beroperasi.

Sementara Zero Pressure Drain Unit Pump (ZPD Pump) menjadi global standar dari Jerman, yang berfungsi untuk mengurangi kebocoran bahan bakar (fuel leaking) di area plunger sehingga bahan bakar tidak tercampur dengan oli.

Dengan adanya kombinasi dari SCR dan ZPD Pump, DCVI percaya Mercedes-Benz Axor Euro 4 akan memberikan waktu operasi (uptime) yang tinggi.

Axor Euro 4 mampu bekerja dengan interval perawatan yang lebih panjang hingga 50.000km, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Berkat teknologi SCR, emisi lebih bersih, sehingga menurunkan emisi gas buang, dan respon mesin terhadap pedal gas akan lebih baik karena proses pembakaran yang optimal.

Selain itu, SCR membuat mesin lebih awet karena rendahnya resiko deposit karbon di dalam mesin, serta bisa meminimalkan resiko bahan bakar berkualitas buruk.

Saat ini, DCVI menyediakan beberapa model Axor Euro 4 yang dibedakan dari kebutuhannya.

Untuk konstruksi atau mining, Daimler punya Mercedes-Benz Axor 1623C (4×2), 2528C, 2528CH, sedangkan tractor head, mereka ada Axor 4028T dan 4928T.

Sementara untuk truk logistik, ada beberapa tipe, diantaranya Mercedes-Benz Axor 1623R, 2523R, 2528R, 2528R.

Ditambah dengan dua tipe terbaru, yaitu Mercedes-Benz Axor 2528 CX dan 4023T, yang semuanya dirakit di PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) di Wanaherang, Bogor.

Bahkan, nantinya DCVI berkomitmen untuk menambah beberapa model baru yang akan diproduksi di Indonesia untuk mendukung industri dalam negeri.

“Ini sebagai bentuk komitmen bisnis kami dalam menjawab suara konsumen di Indonesia yang membutuhkan truk dengan kemampuan andal, tangguh, efisien, dan ramah lingkungan,” kata Faustina, Head of Product & Marketing PT DCVI.

Di sisi lain, lanjutnya, Axor Euro 4 juga telah membawa kepada peningkatan produksi rakitan dalam negeri dengan menambah jajaran model baru pada akhir tahun 2022 yang mencapai tujuh model dan akan terus berlanjut hingga tahun mendatang.

“Axor Euro 4 sudah bisa dipesan di dealer resmi DCVI di Indonesia dan juga AdBlue sebagai cairan katalisator untuk teknologi SCR,” ungkap Faustina.

DCVI juga meluncurkan call center resmi Daimler Truck Connect Indonesia, yang dapat dihubungi melalui telepon dan WhatsApp di 021 -3000 1971 serta e-mail mbcv-indonesia@daimler.com. [dp/DF]

Previous articlePebalap Muda Yamaha Bakal Dilatih di ‘Sasana’ Valentino Rossi
Next articleKuartal I 2022, Bluebird Bukukan Peningkatan Pendapatan 40,4%