Per Mei 2022, Penjualan Daihatsu Tumbuh 34,7 Persen

DAPURPACU – Jelang berakhirnya semester pertama 2022, Daihatsu cukup konsisten terus mencatatkan pertumbuhan penjualan unit jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Menutup Mei lalu, posisi Daihatsu masih bertahan diurutan kedua penjualan otomotif masional, dengan raihan penjualan ritel mencapai 73.711 unit. Sedangkan secara whole sales membukukan angka 73.418 unit.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan periode Januari-Mei 2021 sebesar 34,7 persen. Di sisi lain, pangsa pasar Daihatsu juga tumbuh 2,3 persen menjadi 19,3 persen dari sebelumnya 17 persen.

Sementara untuk pasar otomotif nasional pada periode tersebut juga mencatatkan kenaikan penjualan ritel 18,5 persen menjadi sekitar 381 ribu unit, dibanding tahun sebelumnya sekitar 322 ribu unit.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu tetap didominasi oleh top 3 model yaitu Sigra sebanyak 18.069 unit, dengan berkontribusi sebesar 24,5 persen.

Disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 16.954 unit (23,0%) dan Xenia dengan pencapaian 9.910 unit (13,4%). Kemudian diikuti secara berurutan Terios, Ayla, Gran Max Minibus (MB), Rocky, serta Luxio dan Sirion.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation bersyukur Daihatsu dapat mempertahankan penjualan 5 bulanan dengan raihan positif yang terus mendekati level normal.

“Semoga capaian baik ini, serta penurunan Covid-19 di Indonesia dapat kembali menggairahkan pasar otomotif nasional,” tutup Hendrayadi, dalam siaran resminya. [dp/MTH]

Previous articleKawasaki Luncurkan KLX 230, Punya 2 Varian Segini Harganya
Next articleAvanza dan Veloz Kontributor Terbesar Penjualan Toyota di Kuartal I 2022