Mitos atau Fakta Uji Emisi Gas Buang Bikin Irit Bensin?

DAPURPACU – Ditengah harga BBM yang makin meningkat, kendaraan irit tentunya menjadi idaman setiap orang sehingga pemilik tidak terlalu dalam merogoh kocek untuk biaya operasionalnya.

Untuk itu, banyak pemilik mobil rela melakukan modifikasi dalam menekan tingkat konsumsi bahan bakarnya. Meski demikian ada dampak yang diyakini bisa terjadi pada mobil ke depannya.

Imbasnya tentu membut komponen mobil khususnya mesin mengalami gangguan, menurunkan daya tahan kendaraan, dan risiko hilangnya garansi yang didapat saat pembelian.

Melihat fakta itu, sebenarnya ada cara yang lebih aman dalam membantu mengefisiensi konsumsi bahan bakar, salah satunya adalah melakukan uji emisi untuk melihat kondisi mesin.

‚ÄúPastikan uji emisi menjadi bagian dari gaya hidup untuk menjaga performa mesin, sekaligus menekan biaya operasional,” ulas Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Meski begitu, pastikan Anda sudah menerapkan prinsip eco driving. Karena apapun upaya yang dijalankan tidak akan membuahkan hasil optimal, bila gaya berkendara di jalan masih tak terkontrol dan agresif.

Baca juga:  Lima Cara Bikin Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

Uji Emisi Gas Buang Sebagai Solusi Hemat BBM?

Uji emisi adalah proses pengujian kandungan gas buang kendaraan bermotor yang dihasilkan saat mesin menyala. Tujuannya, mengukur sejauh mana kinerja dan tingkat efisiensi bahan bakar mobil.

Metode ini merupakan bagian dari prosedur standar servis berkala di bengkel Auto2000. Teknisi Auto2000 dapat mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan mobil berdasarkan hasilnya.

Jika kandungan gas buang yang dihasilkan melebihi ambang batas yang ditetapkan, data ini menjadi indikator adanya komponen mesin yang bermasalah dan harus diperiksa untuk dicarikan solusinya.

“Seperti mengatur kembali setelan mesin atau mengganti komponen tersebut dengan yang baru,” tambah Imansyah, dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/6) lalu.

Meski tidak ada kerusakan, tahapan ini memastikan mesin selalu dalam kondisi prima guna mencapai tingkat efisiensi terbaik.

Uji emisi bisa mengetahui apakah kandungan udara dan bahan bakar sudah sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin agar dapat bekerja optimal.

Baca juga:  Rayakan 45 Tahun, Auto2000 Berikan Program Khusus Pemilik Toyota Kijang

Dengan mengetahui kinerja terbaik mesin, akan didapatkan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan menguntungkan lantaran mesin tidak ‘haus’ bensin.

Standar Perawatan di Bengkel Auto2000

Sebagai bagian dari tahapan servis berkala, untuk uji emisi tersebut oleh Auto2000 tidak memungut biaya apapun alias gratis. Tapi, jika Anda ingin melakukannya secara mandiri tetap bisa.

Ada biaya yang harus dikeluarkan yaitu sebesar Rp162.000 termasuk PPN, di luar biaya jasa dan spare parts jika tidak lulus uji karena terindikasi ada kerusakan pada komponen mesin.

“Silakan datang ke bengkel Auto2000 atau order via Auto2000 Digiroom untuk pelaksanaannya. Manfaatkan keuntungan program promo yang ditawarkan,” pungkasnya. [dp/MTH]

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com