Daihatsu Sigra Terus Torehkan Penjualan Positif hingga Agustus 2022

DAPURPACU – Pertumbuhan industri otomotif Tanah Air yang terus membaik, jelas berimbas pada penjualan unit kendaraan makin meningkat. Dibuktikan catatan positif bisa ditorehkan di pameran GIIAS 2022 lalu.

Kondisi ini juga dirasakan oleh PT Astra Daihatsu Motor yang berhasil meraih penjualan ritel hingga 123.584 unit sampai dengan Agustus 2022, atau naik 38% dibanding tahun sebelumnya.

Daihatsu mencatat penjualan ritel periode Januari – Agustus 2021, hanya memperoleh angka sebanyak 89.601 unit. Peningkatan ini bahkan lebih besar dibanding pertumbuhan pasar mobil nasional yang hanya mencapai 20 persen.

Sepanjang Januari-Agustus 2022, penjualan mobil secara Nasional meraih angka 637.000 unit atau naik 20 persen dibanding tahun lalu (2021) yang meraih 527.000 unit.

Selain itu, market share Daihatsu dalam 8 bulan terakhir itu juga mengalami peningkatan. Pasalnya mereka berhasil menguasai penjualan sampai 19,4% atau naik 2,4% dari tahun lalu.

Baca juga:  Upaya Daihatsu dan Pemerintah Bangun Sinergi Vokasi Industri Otomotif

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 31.043 unit, berkontribusi 25,1% dari total penjualan.

Disusul Daihatsu Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 28.650 unit (23,2%) dan All New Xenia dengan raihan 16.570 unit (13,4%). Posisi keempat dihuni Ayla dengan pencapaian 13.968 unit atau 11,3 persen.

Daihatsu Terios berhasil menjadi penutup 5 besar penjualan berkat perolehan 13.638 unit atau 11 persen. Dengan pencapaian ini, Daihatsu terus kokoh di urutan 2 sebagai pabrikan mobil terlaris di Indonesia.

Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso berharap pencapaian ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan posisi penjualan nomor 2 otomotif nasional,” terang Hendrayadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/9) lalu.

“Penjualan Daihatsu hingga 8 bulan ini bahkan telah melebihi dibandingkan periode yang sama pada 2019 atau sebelum pandemi Covid-19,” tandasnya. [dp/MTH]