Trik Jitu Melibas Jalanan Rusak dengan Skutik

DAPURPACU – Berkendara dengan mengguna skuter matik (skutik) memang terbilang mudah dan menyenangkan. Tidak perlu susah payah untuk menekan handle kopling atau menginjak rem di kaki.

Tapi jangan salah kaprah, mengendalikan skutik perlu pemahaman yang lebih baik saat harus dihadapkan pada jalanan rusak dan menanjak.

Persiapan paling penting tentunya kesiapan mental pengendara pada kondisi itu. Jadi, Anda harus tahu jalanan yang akan dilalui baik itu area perbukitan atau pegunungan.

Padahal, penggunaan ideal sebuah skutik adalah melahap permukaan jalan aspal, bukan trek offroad yang lazim didominasi jalanan tanah maupun bebatuan baik kecil atau besar.

Kepala Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA), Arief Muthia memaparkan, skutik tidak cocok diperlakukan dengan cara memainkan gas saat melewati medan berbatu dan menanjak.

“Kalau motor sport kan bebas saja gasnya bisa dibuka tutup. Tapi kalau skutik gas cukup diurut saja pelan-pelan,” kata Arief, disela even Maxi Yamaha Day 2022 di Cisarua, Bogor, Jawa Barat (10/9).

Baca juga:  Begini Keseruan Maxi Day 2022 di Cisarua Bogor

“Setelah motor diajak melibas tanjakan rusak, perhatikan suhu mesin. Kalau sekiranya ada aroma kampas kopling sebaiknya berhenti. Tunggu kondisi motor sampai dingin, jangan dipaksakan,” tambahnyaa.

Pria ramah ini juga menambahkan jika berkendara secara berkelompok atau rombongan, sebaiknya menjaga jarak dengan pengguna motor lainnya. Minimal 3 detik jaraknya.

Dengan demikian, motor dapat memanfaatkan momentum. Pasalnya motor matik mesti dikendalikan dengan cara melaju perlahan sehingga tidak berhenti atau mengerem.

“Kalau motor mengalir artinya sudah ada tenaga terus. Kalau berhenti mengerem dulu, akan lama lagi panasnya dan lebih licin,” tandasnya.

Berikut ini tips mengendarai skutik di trek rusak dan menanjak:

1. Bersiap mengambil ancang-ancang
Jika lintasan di depan masih jalanan mulus, Anda bisa mengambil ancang-ancang cukup jauh sebelum tiba di tanjakan. Ketika sudah di tanjakan Anda bisa menjaga kecepatan lebih tinggi agar kuat menanjak.
2. Tahan gas
Ketika Anda melalui jalan menanjak, buka gas pelan-pelan agar tosi mesin bisa optimal. Soalnya, performa v-belt yang ada di motor matik tidak sama dengan gear pada motor kopling.
3. Gunakan rem belakang
Ketika hendak mengurangi kecepatan maupun menghentikan laju motor di jalan menanjak, pakailah rem belakang. Tujuannya, agar motor tidak bergerak mundur
4. Manfaatkan momentum
Menggunakan skutik di jalanan rusak dan menanjak juga harus menggunakan gas cukup diurut saja secara perlahan. Pastikan juga Anda memahami betul karakter motor yang digunakan. [dp/IS]