IMOS 2022 Siap Hadirkan Puluhan Motor Listrik, Berikut Daftar Pesertanya

DAPURPACU – Pameran khusus sepeda motor dan industri pendukungnya, Indonesia Motorcycle Show (IMOS) dijadwalkan bakal digelar pada 2-6 November 2022, di JCC Senayan, Jakarta.

Pameran yang digagas oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) ini menjanjikan menghadirkan produk, teknologi dan inovasi terbaru kendaraan bermotor roda dua.

Kembali hadir setelah absen karena pandemi Covid-19, AISI meyakini IMOS akan menjadi stimulus untuk mendorong pertumbuhan seluruh lini industri sepeda motor di Tanah Air.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala menuturkan, pihaknya akan terus mendorong agar di tahun ini industri sepeda motor Indonesia akan mencatat hasil positif.

“Meski krisis semi konduktor sempat mengganggu produksi anggota AISI,” jelas pria yang juga menjabat ketua penyelenggara pameran IMOS, dalam keterangan tertulisnya.

“Kami yakini dengan stimulus yang tepat, industri sepeda motor Indonesia akan dapat mencapai target yang ditetapkan pada tahun ini,” imbuhnya.

Di sisi lain, melalui even ini, AISI juga memberikan dukungan bagi semua industri sepeda motor termasuk industri kecil dan menengah untuk terus menampilkan terobosan terbaru dan menciptakan peluang baru.

Menurut Sigit, berbagai teknologi dan produk terbaru akan memicu ketertarikan konsumen sepeda motor yang jumlahnya sangat besar di Indonesia.

Termasuk di dalamnya motor listrik yang makin banyak bermunculan dan dipasarkan di Indonesia. Berbagai merek motor ramah lingkungan ini siap memajang rangkaian model di IMOS 2022.

“Isu kendaraan ramah lingkungan juga menjadi fokus AISI. Karena itu kami juga mendorong dihadirkannya sepeda motor dengan teknologi baru yang semakin ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik,” ungkapnya.

Sigit menyebutkan, seluruh anggota AISI dipastikan berpartisipasi pada IMOS, diantaranya PT Astra Honda Motor, PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Suzuki Indomobil Motor, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Selain itu hadir juga merek sepeda motor lainnya seperti Davigo, ION Mobility, Italjet, NIU, dan Royal Alloy, yang akan membawa berbagai produk sepeda motor listrik.

Beragam industri pendukung seperti ban, spareparts, pelumas mesin, aksesoris seperti helm dan apparel dari berbagai merek juga akan ikut memeriahkan ajang IMOS 2022.

IMOS Garage Build

Selain rangkaian produk sepeda motor dari peserta pameran, IMOS 2022 juga bakal menghadirkan satu program menarik yang melibatkan industri kreatif di bidang modifikasi sepeda motor.

Program yang dikemas dalam bentuk kompetisi dengan unsur edukasi dan motivasi ini bertujuan agar dapat meningkatkan kemampuan garage atau rumah modifikasi dalam memodifikasi sepeda motor mereka.

IMOS 2022 juga bakal menghadirkan puluhan industri pendukung, mulai dari ban, spareparts, pelumas mesin, dan aksesoris.

Setelah tahap awal pemilihan desain terbaik pada IMOS Garage Build (IGB), Atenx dari Katros Garage dan RC Motogarage telah memilih tiga desain terbaik dari berbagai genre.

Ketiga genre tersebut yaitu adventure, street racing look, serta genre oldskool, yang diaplikasikan ke motor Suzuki Address, Honda Genio dan Yamaha Fazzio.

Selain itu, melalui program IGB, panitia juga mengunjungi total 15 garage untuk melihat potensi dari para garage untuk menampilkan karyanya di IMOS 2022.

Tak kalah menarik, IMOS 2022 juga akan membagikan doorprize sepeda motor dari para anggota AISI untuk pengunjung, dimana tiga diantaranya adalah motor yang telah dimodifikasi oleh para garage.

“Diharapkan inovasi yang dihadirkan pada IMOS 2022 nanti akan menjadi barometer perkembangan industri sepeda motor Indonesia di masa mendatang,” tutup Sigit. [dp/MTH]