Musim Hujan Datang, Komponen pada Mobil ini Wajib Diperiksa

DAPURPACU – Intensitas curah hujan sudah mulai meninggi di beberapa wilayah di Indonesia. Hal itu berarti Anda wajib mempersiapkan kendaraan agar aman dan nyaman saat digunakan di tengah kondisi hujan.

Belum lagi jika di tengah perjalanan ditemui genangan air atau bahkan banjir kerap terjadi di beberapa wilayah di Ibu kota bila curah hujannya tergolong deras.

“Lakukan pengecekan menyeluruh komponen kendaraan supaya dapat bekerja optimal sehingga tidak menyulitkan saat hujan turun,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, Senin (12/9).

Untuk itu, lanjut Tara, terdapat beberapa komponen kendaraan khususnya mobil, yang perlu di cek kondisinya sebelum menghadapi kondisi tak terduga di jalan.

Persiapan Mobil Memasuki Musim Hujan

Terpenting, Anda harus memeriksa tingkat keausan telapak ban dengan melihat Tread Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil. Jika telah melewati TWI, membuat pengendalian mobil menjadi sulit di jalan licin.

Periksa juga tekanan angin ban sesuai standar sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik. Cek juga pengereman mobil dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Baca juga:  Pasca Mudik Pakai Mobil, Periksa Tujuh Komponen ini

Periksa pula saluran rem dari kebocoran. Cek kondisi aki mobil dan alternator untuk menjaga kinerjanya menyuplai perangkat listrik yang bekerja ekstra saat hujan.

Pastikan wiper dalam kondisi baik, termasuk washer pembersih kaca, serta gagang dan motor penggerak wiper. Periksa air pembersih kaca, jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

Cek seluruh sistem pencahayaan mobil mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang jangan sampai ada yang mati. Pastikan AC berfungsi baik supaya tidak mengganggu daya pandang pengemudi lantaran kaca depan berembun.

Kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi yang optimal turut menjaga performa mobil di jalan basah. Periksa pula kondisi mesin agar tidak bermasalah di tengah hujan deras.

Meski bukan urusan teknis mobil, tidak ada salahnya memeriksa masa berlaku asuransi mobil dan jenis kerugian yang bisa diklaim.

Pada kasus tertentu, mobil Anda dapat rusak akibat terkena pohon atau papan reklame tumbang dan banjir sehingga harus ada perluasan tanggungan asuransi kendaraan.

Baca juga:  Waspada Jalur Contraflow di Mudik Lebaran 2024, Simak Tips Berikut

Kupon General Check Up di Auto2000

Anda dapat menyerahkan pengecekan komponen mobil kepada tim after sales Auto2000. Alhasil, tidak perlu repot lagi mengecek satu persatu komponen mobil yang banyak.

Untuk itu, Auto2000 menyediakan Promo Kupon Servis dan Ganti Oli Toyota untuk layanan general check up dan ganti oli yang lebih mudah dan nyaman.

Dengan memanfaatkan Kupon Servis General Check Up seharga Rp80.000 untuk semua model Toyota kecuali Camry dan Alphard-Vellfire, pelanggan bisa mendapatkan pemeriksaan lebih dari 40 titik kondisi mobil.

Beberapa pengecekan yang dilakukan di antaranya komponen mesin yang terdiri dari pengecekan oli mesin/filter, air pendingin, aki, filter udara, dan tali kipas.

Berikutnya adalah komponen elektrik berupa pengecekan lampu besar, kecil, sein, hazard, mundur, panel instrumen, dan wiper. Lanjut chasis & body yakni pengecekan pedal kopling/rem, minyak rem, power steering dan ban.

Baca juga:  Pasca Mudik Pakai Mobil, Periksa Tujuh Komponen ini

Terakhir adalah komponen Air Conditioner (AC) yaitu pemeriksaan sistem AC, filter kabin, sirkulasi udara, AC belakang, serta selang AC.

Inspeksi yang dilakukan oleh teknisi Auto2000 bersifat visual dan fungsional, serta tidak dilakukan pembongkaran komponen mobil. Sehingga, untuk pengecekan lebih detail dan menyeluruh, Anda dapat berkonsultasi dengan service advisor.

Keuntungan tambahan untuk pengguna Kupon Servis General Check Up untuk servis di bengkel Auto2000 adalah memperoleh cuci mobil gratis.

Konsumen bisa memanfaatkan Kupon Servis Ganti Oli waktu melakukan servis kendaraan, baik di workshop Auto2000 maupun memanggil layanan THS – Auto2000 Home Service untuk mendapatkan paket ganti oli yang lebih hemat.

Keuntungan yang bisa dinikmati dari kupon servis ini sudah termasuk penggantian Oli TMO Syn 10W-40SN & TMO 15W-40 CI dan filter oli original Toyota.

“Auto2000 dapat membantu pengecekan komponen mobil lewat Kupon Servis General Check Up, eksklusif hanya ada di Auto2000 Digiroom,” tutup Tara. [dp/MTH]

Previous articleBanyak Potensi Bahaya Di jalan Raya, Begini Cara Mengantisipasinya
Next articleIMOS 2022 Siap Hadirkan Puluhan Motor Listrik, Berikut Daftar Pesertanya