Mobil Reli Triton Siap Lakoni Enam Babak AXCR 2022

DAPURPACU – Persiapan demi persiapan terus dilakukan tim Mitsubishi Ralliart pada mobil reli Triton jelang digelarnya Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022, 21 November nanti.

Seperti diketahui, ketiga mobil reli Triton bakal terjun di kategori prototipe Grup T1 (kendaraan lintas negara). Seluruh pebalap akan mendapat dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

Bagi tim, ajang tersebut menjadi yang pertama dilakukan pasca absen diberbagai kompetisi balap sekitar 15 tahun lamanya. Dan kali ini, trek di Buriram menjadi medan pengujiannya.

Hiroshi Nagaoka, wakil presiden eksekutif Mitsubishi Motors, berkomentar, berbekal banyak kemenangan di berbagai kejuaraan balap dunia termasuk Reli Dakar, tim telah mempersiapkan ajang AXCR tahun ini.

Nagaoka pun menegaskan, tim Mitsubisi Ralliart yang dinakhodai Hiroshi Masuoka, bakal menghadirkan mobil yang kompetitif pada ajang balap yang melelahkan tersebut.

“Para insinyur berprestasi dari tim pengembangan kami, akan bersatu untuk memberikan kinerja performa yang kuat untuk mobil reli Triton,” imbuhnya.

Baca juga:  Mitsubishi Perkuat Layanan Purna Jual di Indonesia Timur

Pada hari pertama kompetisi AXCR 2022, tim akan melaju di special stage (SS) di Buriram, timur laut Thailand, diikuti dengan start seremonial.

Kemudian akan berlanjut memasuki etape skala penuh di Thailand mulai 22 November, sebelum mencapai tujuan akhir di Siem Reap, Kamboja barat laut, pada 26 November nanti.

Direktur Mitsubishi Ralliart, Hiroshi Masuoka mengaku, untuk dapat memenangkan kompetisi ini, dirinya akan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman reli di Dakar.

Selain itu, lanjut Masuoka, dirinya juga akan membangun tim yang solid dan bekerja untuk mengembangkan mobil reli Triton agar bisa tampil kompetitif.

Rifat Sungkar terpilih dalam skuad tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022.

“Mobil reli Triton telah meningkat setiap kali kami uji dan sekarang jauh lebih cepat, kuat dan lebih tangguh,” tutur Masuoka, dalam siaran resminya.

“Kami memiliki organisasi yang hebat untuk mendukung tim, memungkinkan para pebalap untuk mengerahkan 100 persen dari potensi mereka sendiri. Seluruh tim siap untuk tantangan berat ini,” tambahnya.

Baca juga:  Mitsubishi Perkuat Layanan Purna Jual di Indonesia Timur

Sebagai informasi, di tahun-tahun sebelumnya, balap AXCR digelar setiap bulan Agustus atau selama musim penghujan, untuk menciptakan tantangan tersendiri bagi setiap pebalap.

Kondisi hujan jelas menciptakan rute-rute menantang dengan lintasan yang tersumbat lumpur dan tentunya bakal menyeberangi beberapa aliran sungai.

Tahun ini, kondisi di atas nampaknya tidak akan dihadapi. Alhasil, selain rute yang sulit, tim mengantisipasi jalur off-road yang kering dan tantangan baru termasuk tanjakan curam.

Untuk langkah persiapannya, Tim Mitsubishi Ralliart telah melakukan pengujian ketahanan mobil reli Triton total sejauh 1.900 kilometer.

Setelah memeriksa keandalan dan daya tahannya sembari melakukan penyesuaian mesin dan sasis akhir untuk menghasilkan performa plus handling mumpuni, tim memastikan mobil siap untuk reli.

Di Babak 0, total 56 mesin, terdiri dari 21 kendaraan kategori sepeda motor, 2 kategori sespan, 32 kategori mobil, dan 1 kategori truk, akan berjalan di SS pembuka di kota dan kemudian berpartisipasi dalam upacara mulai diadakan di Chang Arena.

Baca juga:  Mitsubishi Perkuat Layanan Purna Jual di Indonesia Timur

Reli sebenarnya dimulai pada 22 November (Tahap 1), yang akan melintasi trek di area sekitar Buriram, hingga Babak 3 pada 24 November.

Di Babak 4 (25 November), reli bakal digelar di dekat perbatasan Thailand dan Kamboja, sebelum nantinya menyeberang ke Kamboja untuk babak pamungkas (26 November), menuju garis finis di dekat situs Warisan Dunia Angkor Wat. [dp/MTH]

Previous articleBegini Perlakuan dan Apresiasi Wahana Bagi Konsumen Fleet
Next articleAuto2000 Berikan Layanan Servis Mobil Hybrid, Termasuk Mobil Listrik