Jordan Johan Raih Hasil Positif di Ajang Toyota Yaris Cup 2022

DAPURPACU – Jordan Johan berhasil mengukir prestasi baru bagi tim Toyota Gazoo Racing Indonesia, pada Grand Final Toyota Yaris Cup 2022 di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, Minggu (11/12) lalu.

Bagi tim TGRI hasil ini menjadi prestasi terbaru, mengingat pada sesi kualifikasi, Jordan hanya mampu masuk urutan 30 dari 94 pebalap yang mengikuti sesi tersebut.

Hal ini dikarenakan sistem bracket time, di mana hanya pembalap yang mencetak waktu tercepat sesuai regulasi, dinyatakan lulus dan berhak untuk mengikuti balapan.

Saat balapan berlangsung, performa pebalap 22 tahun ini semakin tak terbendung. Jordan harus beradu cepat dengan pesaing yang menggunakan Yaris spek standar.

Meski demikian, dirinya mampu memaksimalkan potensi mobil tersebut untuk bisa tampil maksimal. Sebagai informasi, di ajang ini semua mobil harus mengikuti regulasi standar.

Sementara untuk ubahan yang bisa dilakukan pada mobil antara lain suspensi, velg, ban serta sudah ada roll bar bolt on. Balapan sendiri berlangsung sebanyak 10 lap.

Hasilnya, Jordan sukses menuntaskan balapan dengan finis di posisi 16. Kesuksesan ini tidak terlepas dari peran Haridarma Manoppo, pebalap senior TGRI sekaligus mentor Jordan.

“Menurut saya ini adalah pencapaian yang baik, terima kasih kepada tim yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” ujar Jordan, dalam siaran resmi, Jumat (16/12).

Haridarma berkomentar, Jordan sudah menunjukkan performa terbaiknya pada ajang tersebut, dengan keberhasilannya finis di urutan 16 dari titik start pada posisi 30.

Sejatinya, Jordan berhasil menyentuh garis finis di urutan 17, hanya saja saat official result naik ke-16 karena ada pebalap yang mungkin terkena penalti.

“Overall (Jordan) sangat bagus. Hanya saja menurut saya dia harus lebih memahami bagaimana caranya menyetir dengan menggunakan ban baru,” jelas Haridarma.

Di samping itu, Executive Advisor TGRI and President Director TCD AP Indonesia, Toshio Obara turut mengapresiasi keberhasilan pebalap muda Indonesia ini.

Menurutnya, performa yang ditampilkan oleh Jordan saat balapan berlangsung di Negeri Sakura ini mampu memberikan hasil positif, mengingat dia hanya punya waktu sedikit untuk melakukan latihan.

β€œDia bekerja dengan sangat baik. Mekanik Jepang pun mengapresiasi pebalap Indonesia itu memang sangat bagus, meski sedikit latihan tapi bisa mendapat kecepatan yang baik,” tandasnya. [dp/MTH]