Satu Tahun LSP-LPK HMSI, Upaya Hino Ciptakan SDM Berkualitas

DAPURPACU – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) – Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) milik PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah berusia satu tahun sejak dioperasikan di 2022 lalu.

Fasilitas ini berhasil menciptakan sumber daya manusia di Indonesia yang lebih Kompeten melalui sertifikasi profesi bidang tranportasi barang dan orang.

Merayakan momen tersebut, HMSI menggelar seremoni setahun LSP-LPK di Jl Gatot Subroto, KM 8.5, Jatake, Tangerang, 27 Februari lalu.

After Sales Director HMSI, Irwan Supriyono mengatakan, hadinya fasilitas pelatihan ini membantu tenaga kerja produktif untuk meningkatkan kompetensi diri. Fasilitas ini memberikan lisensi dan diawasi Badan Nasional Sertifikasi Profesional.

“Melalui LSP-LPK HMSI, sertifikasi profesi akhirnya dikeluarkan sebagai bentuk bukti tenaga kerja sudah menguasai dan meningkatkan kompetensi. Sehingga value tenaga kerja memiliki kredibilitas yang sudah terbukti,” tuturnya.

LSP-LPK HMSI adalah LSP pihak 1 pendidikan yang merupakan pepanjangan tangan BNSP, yang mengedepankan mutu dalam penyelenggaraan sertifikasi dan diakui secara nasional maupun internasional.

Baca juga:  Santiko Wardoyo Digantikan Susilo Darmawan, Pimpin Penjualan Hino Indonesia

Untuk itu, sebelum sertifikasi maka syaratnya harus lulus terlebih dahulu pelatihan yang diadakan di LPK HMSI. Didukung fasilitas lengkap dan instruktur bersertifikat dari Hino Motors Limited, Japan dan BNSP.

Maka peserta, baik itu dari diler atau pelanggan Hino, terjamin kompetensinya untuk mendukung bisnis perusahaan. Karena dengan tersertifikasi, maka SDM akan bekerja lebih efektif, dan tentunya keselamatan kerja dapat terjaga.

Irwan mengeklaim, selama satu tahun beroperasi, pihaknya telah mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat. Total sudah 236 sertifikat berstandar BNSP yang telah dikeluarkan.

“Karena memang LPK menjadi alternatif agar peserta bisa meningkatkan kemampuan diri agar sesuai dengan kebutuhan industri,” tutur Irwan dalam siaran resminya.

“Kehadiran LSP dan LPK HMSI turut membantu dunia usaha untuk bisa memperoleh SDM yang makin berkualitas. Mengingat dunia usaha menuntut tenaga kerja yang punya daya saing sekaligus daya tahan terbaik,” tandasnya.

Baca juga:  Santiko Wardoyo Digantikan Susilo Darmawan, Pimpin Penjualan Hino Indonesia

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan menuturkan, adanya kegiatan pembinaan khususnya perusahaan dapat memberikan arah positif bagi kemajuan bangsa, khususnya bagi Pemerintah Kota Tangerang.

“Saya mengapresiasi PT HMSI yang terus bersemangat mengembangkan fasilitas ini. Semoga LPK PT HMSI semakin maju dan bisa menjadi contoh bagi LPK lain yang ada di area Kota Tangerang,” tutup Hendra.

Turut hadir juga Takashi Muto, Presiden Direktur HMSI, Santiko Wardoyo, COO – Director HMSI, serta seluruh pengurus yang ada di LSP-LPK HMSI.

Dalam acara ini, digelar juga seminar yang mengangkat tema ‘Pentingnya Sertifikasi Profesi Bagi Industri’, yang menghadirkan pembicara Kunjung Masehat, Ketua BNSP. [dp/TH]

Previous articleISSOM 2023 Dimulai, Tim Honda Racing Indonesia ‘Pede’ Menang Lagi
Next articleMitsubishi XFC Concept Mulai Keliling Indonesia, ini Daftar Kota-kotanya