Kawasaki Ninja ZX-4RR Melenggang Sendiri, Cuma Tersedia 40 Unit

DAPURPACU – Kawasaki Ninja ZX-4RR resmi mendarat di Indonesia dengan banderol fantastis yang dipasarkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) secara virtual Senin (27/3).

Berbekal mesin berkapasitas 400 cc, pihak KMI mengeklaim motor sport fairing ini sudah dinantikan cukup lama para pecinta kecepatan di Indonesia bahkan di dunia.

Hal itu diamini oleh Presiden Direktur KMI, Jin Inoue dimana dirinya meyakini model sport terbarunya ini bakal menjadi tren bagi para penggemar sepeda motor di Tanah Air.

“Sebagai pioneer dalam banyak tipe motor sport, kami persembahkan model terbaru yang akan menantang segmen baru motor sport,” tuturnya disela selubung Ninja ZX-4RR model year 2023.

Sebagai informasi, motor sport ini sudah mendebut dunia pada Februari lalu dan hanya butuh satu bulan lebih Ninja ZX-4RR sudah diluncurkan di Indonesia dengan banderol Rp239,9 juta OTR Jakarta.

Seperti diketahui juga, saat ini Kawasaki Indonesia tidak memiliki model bermesin 400 cc. Dengan begitu, Ninja ZX-4RR terbilang melenggang sendiri di pasar roda dua di Tanah Air.

Mengusung mesin berkapasitas murni 399 cc empat silinder DOHC 16 katup, mampu melontarkan tenaga 76 hp dengan torsi maksimal mencapai 37,6 Nm pada putaran 12.600 rpm.

Meski demikian momen putar mesin diklaim hingga 15.000 rpm, dimana teknologinya terinspirasi dari balapan yang juga ditemukan pada Ninja ZX-10R.

Transmisi manual 6-speed yang dipasangkan pada Ninja ZX-4RR memiliki kemampuan quick shifter dua arah (naik atau turun gigi).

Melengkapi Ram Air yang diposisikan di tengah, salurannya menyamping, dirancang dengan feedback dari Ninja H2, mengalirkan udara ke kotak pembersih udara dan berkontribusi pada kinerja yang maksimal.

Sebagai penghenti laju, rem depan menggunakan dual semi floating disk brake berukuran 290 mm. Kalipernya dilengkapi empat piston. Sementara di belakang ada cakram 220 mm dengan satu piston untuk menggerakkan kanvas rem.

Sektor kaki-kaki mengandalkan shock breaker upside down di depan, lengkap dengan setelan preload lansiran Showa. Sementara di belakang dipasangkan monoshock dengan konfigurasi horizontal.

Suspensi tersebut menyerupai geometry suspensi belakang milik Kawasaki ZX-10. Sedangkan pada velg berdiameter 17 inci dipasangkan ban berukuran 120/70 (depan) dan 160/60 (belakang).

Untuk awalnya, Ninja ZX-4RR hanya tersedia dalam satu varian saja yaitu Lime Green yang didatangkan langsung dari Kawasaki Thailand, sebanyak 40 unit di batch pertama.

“Diyakini Kawasaki Lovers dapat mengidolakan produk-produk kami khususnya bagi motorcycle enthusiast,” tutup Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion KMI. [dp/TH]

Previous articleAudio Plus Perkenalkan Tweeter Berbahan Berlian, Segini Harganya
Next articleSuzuki Siap Penuhi Kebutuhan Konsumen di Batang-Pekalongan