United E-Motor TX-1800, Paket Performa Komplit Tapi Ramah di Kantong

DAPURPACU – Seiring digelontorkannya subsidi dari Pemerintah, banyak dari pelaku industri kendaraan roda dua bermesin listrik di Indonesia berlomba-lomba mencapai syarat utama mendapatkan ‘vitamin’ tersebut.

Hal ini memunculkan peta persaingan yang semakin menarik dan kompetitif, khususnya pada pasar sepeda motor listrik. Tak terkecuali bagi PT Terang Dunia Internusa (TDI) sebagai pemegang merek United E-Motor.

Seperti diketahui, PT TDI sudah meluncurkan beragam model kendaraan ramah lingkungan untuk pasar otomotif Nasional, salah satunya adalah tipe TX-1800.

Model inovatif berdesain futuristik tersebut diklaim telah dirancang secara maksimal untuk calon konsumen yang menginginkan performa mumpuni dengan harga terjangkau.

Head of Division United E-Motor, Awan Setiawan memaparkan bahwa pihaknya terus berupaya menawarkan produk terbaik di setiap segmen pasar, melalui rangkaian produk yang sudah diluncurkan.

Apabila konsumen mengutamakan performa, TX-3000 bisa jadi pilihan terbaik. lalu untuk konsumen yang ingin motor listrik dengan harga ekonomis, maka T-1800 dan MX-1200 tepat menjadi pilihan.

“Sedangkan untuk TX-1800 menjadi tipe yang paling berperforma sekaligus value for money,” jelas Awan, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/5).

Dia menjelaskan, masuk dalam kategori segmen dengan banderol ‘menengah’, secara fisik TX-1800 memiliki desain yang mirip dengan salah satu skutik Maxi Yamaha, yaitu NMax.

Secara harga, PT TDI melebeli harga Rp33,9 juta OTR Jakarta untuk TX-1800, atau lebih murah Rp16 juta dari tipe TX-3000 dan hanya lebih mahal Rp3,4 juta dari T-1800.

Meski demikian, beragam keunggulan disematkan pada TX-1800. Bahkan diklaim seluruh keunggulan tersebut mendekati spesifikasi yang dipasangkan pada TX-3000.

Awan pun membeberkan bahwa konsumen di Indonesia semakin kritis dalam memilih produk. Mereka memperhitungkan harga dan mengalkulasi benefit apa saja yang didapat.

“Hal ini justru menguntungkan kami, misalnya TX-1800 menjadi salah satu tipe yang paling diminati karena memperhitungkan aspek harga, spesifikasi, performa, tampilan dan kepercayaan terhadap merek,” imbuhnya.

Sales Supervisor United E-Motor, Yandi Sosiandi menambahkan, minat pasar terhadap TX-1800 diklaim terbilang tinggi. Hal ini dibuktikan melalui tingkat kepuasan calon konsumen pasca mereka mencobanya (test ride).

“Setelah memeriksa fisiknya, mereka jadi lebih meyakini TX-1800 punya build quality baik. Sistem hidrolik pada engsel jok, bagasi yang lebih lapang dan muat helm menjadi nilai tambah.”

“Apalagi motor listrik ini sudah terhubung dengan aplikasi U-Key,” tutup Yandi, saat ditemui di Authorized Store Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten.

TX-1800 dibekali daya 2.000 watt dan baterai lithium 60V 28Ah. Dengan konfigurasi tersebut, motor ini ringan melibas tanjakan dengan kecepatan hingga 75 km/jam.

Di atas kertas, skuter listrik ini melontarkan torsi hingga 106 Nm pada putaran mesin 100 rpm, cukup ideal untuk melahap karakter jalan di perkotaan dan tanjakan di pegunungan.

Dalam kondisi baterai penuh mampu menempuh jarak hingga 65 km. Dengan rancang bangun yang sama dengan TX-3000, konsumen bisa meng-upgrade satu baterai lagi.

Dengan begitu jarak tempuhnya terdongkrak hingga mencapai 120 km untuk sekali pengisian baterai. Jarak tempuh ini sama seperti pada TX-3000. [dp/TH]

Previous articleHyundai Stargazer Tipe Terendah Alami Penyegaran, Harga Tetap
Next articleToyota Yaris ‘Bersolek’, ini Ubahan dan Bedanya Dengan Versi Lama