Suzuki Tegaskan Tidak Ada Inden Buat Grand Vitara, ini Alasannya

DAPURPACU – Dengan diserah terimakan ke 26 unit Grand Vitara kepada pemilik di area Jabodetabek, PT Suzuki Indomobil Sales resmi memulai pengiriman ratusan unit kepada pemesannya.

Berbekal tampilan berbeda dibanding generasi sebelumnya, plus teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang disematkan pada mesin K15C diyakini menjadi daya tariknya.

Suzuki mencatat sudah ratusan unit Grand Vitara yang terkirim ke diler-diler resmi (wholesales) di seluruh Indonesia, hingga berjumlah 500 unit.

Sementara 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra mengeklaim bahwa hingga akhir Mei lalu, pihaknya tidak kewalahan melayani pemesanan dari konsumen.

“Total inden yang aktif dan masih menunggu pada periode tersebut mencapai 350 unit. Dengan demikian tidak ada kata inden bagi konsumen yang menginginkan Grand Vitara baru ini,” imbuhnya.

“Silakan datang ke diler resmi Suzuki terdekat. Pengiriman unit ke konsumen kira-kira 20 hari, ya seminggu untuk custom clearance,” lanjutnya kemudian.

Baca juga:  SERES Boyong Konsep SUV Seharga 1 Miliar Lebih ke GIIAS 2024

Donny juga menuturkan bahwa konsumen yang membeli SUV crossover ini didominasi tipe tertinggi yaitu GX. Menurutnya, segmentasinya kebanyakan early adapter yang ingin tipe tertinggi.

Dia memaparkan bahwa setidaknya ada 80 persen pemesan Grand Vitara yang menginginkan varian GX, dan dari jumlah tersebut sekitar 35 persen datang dari Jabodetabek.

Donny pun menambahkan, SUV yang didatangkan secara utuh alias completely build up (CBU) dari India ternyata juga banyak diminati loyalis merek Suzuki di Indonesia.

“Sesuai dengan estimasi kami sekitar 60 persen sampai 70 persen merupakan loyalis kepada rangkaian mobil Suzuki,” papar Donny, disela peluncuran beberapa waktu lalu.

Mulai bulan ini (Juni), lanjut Donny, Suzuki telah menargetkan mampu meniagakan sebanyak 300 unit per bulan, atau sekitar 2.000 unit sampai dengan Desember 2023.

Grand Vitara dibekali mesin tipe K15C berkapasitas murni 1.462 cc 4 silinder segaris DUALJET plus SHVS, teknologi yang juga disematkan pada Ertiga Hybrid.

Baca juga:  Beli Mobil Baru, Simak Lima Tips ini Terlebih Dahulu

Konfigurasi tersebut menghasilkan tenaga 102 hp dengan torsi puncak 137 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm, yang dipadukan dengan transmisi otomatis 6-speed plus paddle shift pada lingkar kemudi.

Tiga tipe disediakan untuk Grand Vitara, yaitu GL-AT Type dengan harga Rp359,4 juta, GX-AT Type Rp384,4 juta dan GX-AT Two tone dengan banderol Rp387,4 juta. [dp/TH]

Previous articleKaca Film Gelap Tidak Berarti Nyaman, Begini Cara Memilihnya
Next articleWakil Jawa Barat Siap Hadapi Kompetisi Safety Riding Tingkat Nasional