GIIAS 2023 Janjikan Tantangan Unik Pengujian Mobil Listrik

DAPURPACU – Gaikindo menjanjikan sesuatu yang menarik di seluruh gelaran GIIAS The Series tahun ini, yang menekankan pada informasi dan edukasi seputar kendaraan elektrifikasi.

‘Wadah’ dari pabrikan kendaraan di Indonesia itu bahkan bakal memberikan pengalaman baru bagi seluruh pengunjung, tentang teknologi kendaraan listrik berbasis baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) lewat berbagai program.

“GIIAS tentu akan tampil spesial, ada banyak hal baru untuk mendukung perkembangan industri otomotif Indonesia yang kami persiapkan sepanjang pameran,” kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Pameran otomotif terbesar di Tanah Air ini akan dimulai pada 10-20 Agustus 2023, dengan menempati venue yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya di BSD City, Tangerang Selatan.

Nantinya pihak Gaikindo bakal menghelat beragam program menarik, meliputi program test drive, test ride dan konferensi internasional GAIKINDO International Automotive Conference (GIAC).

”Program EV Test Track pada GIIAS tahun lalu efektif membangun pengetahuan tentang kelebihan kendaraan BEV pada lebih dari 10.000 pengunjung yang mencoba langsung.”

Baca juga:  Presiden Jokowi Kagum Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

“Tahun ini GIIAS akan kembali menyoroti kelebihan kendaraan listrik, meyakinkan masyarakat untuk mendukung dan mulai beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan,” jelas Nangoi.

Angkat Durabilitas dan Fitur Canggih

Pada GIIAS tahun ini, khususnya di ICE – BSD City, akan disediakan EV Test Track yang kali ini bakal ditempatkan di area luar (outdoor) pameran.

Menurut Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah, bukan tanpa alasan area ujicoba kendaraan listrik tahun ini ditempatkan di luar.

“Sebab kami akan menyoroti durabilitas dan fitur terkini dari kendaraan listrik. Sekaligus menguji fitur-fitur terkini dari kendaraan yang mereka uji,” jelasnya.

Tidak kurang dari 50 unit kendaraan listrik dikabarkan akan disiapkan dengan tantangan ‘wajib’ melewati water test sejauh 10 meter sedang kurang lebih 30 cm.

Hal ini dilakukan untuk memberikan keyakinan bagi pengunjung dan calon konsumen akan ketahanannya saat melewati genangan air atau banjir dengan kedalaman air kurang dari 50 cm.

Baca juga:  Wuling Air ev, Mobil Listrik Terfavorit Gen Z Indonesia

Pada GIIAS Tangerang akan diikuti lebih dari 30 merek kendaraan, diantaranya Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW dan Wuling.

Sedangkan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, serta UD Trucks. Tiga merek Karoseri juga hadir yakni Adiputro, Laksana dan Tentrem.

Sementara dari sepeda motor bakal diikuti 14 merek, meliputi Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, Vespa.

Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series.

Rizwan pun menjanjikan pameran GIIAS tahun ini akan dipenuhi berbagai peluncuran model baru, serta teknologi baru, yang nampaknya bakal menarik untuk dilewatkan oleh pengunjung.

Baca juga:  GIIAS 2024 Bakal Lebih 'Wah', Area Pameran Lebih Luas

“Dan masih ada tambahan peserta-peserta baru yang akan berpartisipasi, detilnya kami akan infokan secepatnya,” tutup Rizwan, dalam keterangan resminya. [dp/TH]

Berikut jadwal lengkap GIIAS The Series 2023
– GIIAS Tangerang: 10 – 20 Agustus 2023 – ICE BSD City;
– GIIAS Surabaya : 20 – 24 September 2023 – Grand City Convex;
– GIIAS Semarang : 18 – 22 Oktober 2023 – Marina Convention Center;
– GIIAS Bandung : 22 – 26 November 2023, Sudirman Grand Ballroom.

Previous articleAISI Siap Gelar IMOS+ di ICE BSD Oktober Tahun ini
Next articleRoyal Enfield Operasikan Pabrik CKD Baru di Nepal