EVSE 2023, Tegaskan Standarisasi SNI pada Kendaraan Listrik

DAPURPACU – Pameran ragam kendaraan listrik, Electric Vehicle Standar Expo (EVSE) resmi dimulai hari ini, Rabu (12/7), dengan mengambil tempat di Jogja Expo Center, Yogyakarta.

Digagas oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN), berbagai kendaraan listrik baik roda empat maupun roda dua hingga penyedia jasa charging system bakal meramaikan even tersebut.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama dan Layanan Informasi – BSN, Zul Amri mengatakan, kegiatan EVSE tidak hanya sekadar pameran kendaraan listrik saja.

Dia memaparkan, sepanjang even yang berlangsung sampai 14 Juli itu, pihaknya juga menggelar berbagai agenda acara mulai dari seminar, talkshow dan test drive kendaraan listrik.

“EVSE digelar sebagai bentuk dukungan BSN terhadap implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019, yang tentunya kampanye disesuaikan dengan tupoksi BSN di bidang pengembangan standardisasi di Indonesia,” jelas Zul.

Zul menuturkan, selama ini terbilang BSN cukup rutin melakukan kampanye maupun kegiatan serupa yaitu melalui E-Bike Ride pada 2019 di Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga:  Autovision Luncurkan Produk Baru di The Elite Showcase 2024

EVSE tahun ini menjadi kali kedua dilaksanakan oleh BSN, setelah sebelumnya dihelat di Kota Bandung, Jawa Barat pada 2021. Zul berharap lewat even ini makin menguatkan masyarakat untuk beralih ke kendaraan ramah lingkungan.

“Dengan kampanye kendaraan listrik dan standardisasi, kami berharap EVSE dapat membantu menepis sebagian anggapan masyarakat bahwa kendaraan listrik tidak aman,” ujarnya.

BSN sendiri telah menetapkan 38 SNI terkait kendaraan listrik. Kebijakan itu selanjutnya adalah bagaimana bisa mendorong lembaga penilaian kesesuaian baik lembaga sertifikasi maupun pengujian, serta industri kendaraan listrik menerapkan SNI.

Tak hanya itu, dengan begitu diharapkan penerapan SNI ini juga berlanjut pada produk komponen lainnya, seperti ban, velg, kaca mobil dan sebagainya.

Pameran EVSE 2023 juga menghadirkan berbagai merek charging system.

Menurutnya, dengan standarisasi SNI, produk yang digunakan makin terjamin kualitas dan keamanannya. SNI akan membuat masyarakat semakin percaya dan merasa aman untuk menggunakan kendaraan listrik.

Baca juga:  GIIAS 2024 Bakal Lebih 'Wah', Area Pameran Lebih Luas

Adapun peserta EVSE diantaranya PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi/Pusertif, PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY, TÜV NORD Indonesia, PT SGMW Sales Indonesia (Wuling), PT INES, Davigo, PT Triangle Motorindo (Viar), Alva Auto, Hyundai, U Wind Fly, serta UGM.

“Semoga EVSE bisa memberikan informasi lebih komprehensif tentang kendaraan listrik dan perkembangan standardisasinya di Indonesia,” tandas Direktur Utama PT Feraco M. Ruslim. [dp/TH]

Previous articleSerunya Membonceng Anak, Jangan Abaikan Lima Kondisi ini
Next articlePenggemar LEGO Wajib Koleksi Hyper Naked Yamaha ini