OLX Resmi Jadi Anggota Keluarga Astra Group

DAPURPACU – Akuisisi PT Astra Digital Mobil sebagai anak usaha PT Astra International Tbk (Astra) telah dilakukan terhadap PT Tokobagus, perusahaan iklan baris digital terkemuka di Tanah Air dengan merek OLX.

Dengan akuisisi ini, Astra memiliki 100% saham OLX Classifieds melalui PT Astra Digital Mobil sebesar 99,98 persen dan PT Astra Digital Internasional sebesar 0,02 persen.

Sebagai pionir platform iklan baris digital di Indonesia, OLX yang telah hadir sejak sembilan tahun lalu memiliki basis pengguna yang luas dan ekuitas merek yang kuat, menjadikannya pilihan utama konsumen di Indonesia.

Sejatinya, PT Astra Digital Mobil telah memiliki platform digital. Dengan akusisi ini, OLX diharapkan mampu melengkapi ekosistem digital Grup Astra yang sudah ada dengan platform iklan baris digital dan mendorong inovasi, memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.

“Bisnis mobil bekas masih memberikan peluang besar, dengan bergabungnya OLX akan menjadi sinergi positif dan berkonstribusi besar bagi pasar otomotif Indonesia.” ungkap Naga Sujady, President Director Astra Digital Mobil, disela temu media, Jumat (11/8).

Baca juga:  Astra dan Toyota Perkuat Kemitraan di Bisnis Mobil Bekas

Tak bisa dipungkiri, dari hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan bahwa nilai ekonomi digital Indonesia pada tahun 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara.

Angka yang tergapai pun mencapai sebesar US$77 miliar, dan diperkirakan bakal memperoleh jumlah US$130 miliar pada 2025 mendatang. Angka 40 persen pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia.

“Mengakselerasi transformasi digital merupakan salah satu langkah yang ditempuh Astra untuk menjadi perusahaan yang berkelanjutan,” jelas Direktur Astra, Gidion Hasan.

“Akusisi ini diharapkan dapat memperkuat ekosistem digital Grup Astra, menawarkan solusi menyeluruh bagi pelanggan dan semakin mendorong kemajuan industri otomotif di Indonesia,” ujarnya.

Gidion mengaku bangga dengan kesepakatan (menjual platform iklan baris digital OLX di Indonesia) tersebut, dan diyakini dapat mendorong pertumbuhan bisnis OLX.

“Berkat kehadiran Astra dan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia menjadikan Astra sangat cocok untuk mengelola dan meningkatkan pengalaman pelanggan,” tandasnya.

Baca juga:  Astra dan Toyota Perkuat Kemitraan di Bisnis Mobil Bekas

Sebagai bagian dari Grup Astra, OLX akan mulai dengan identitas barunya dan hadir sebagai Trade-in Partner di ajang pameran GIIAS 2023 dengan berkolaborasi bersama Astra Financial.

Selama pameran, Astra menawarkan cashback hingga Rp6,6 juta dengan penilaian wajar berdasarkan kondisi kendaraan. Pengunjung juga dapat menerima penawaran harga dalam waktu 1 jam. [dp/DB]

Previous articleDaihatsu Xenia Dalam Balutan Sporty di GIIAS 2023, Jumlahnya Terbatas Loh!
Next article​​Booth Hyundai Tampilkan IONIQ 5 Special Display Dalam Balutan Batik, Begini Tampilannya