Kia Luncurkan EV9 GT-Line di GIIAS 2023

DAPURPACU – Dalam ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, PT Kreta Indo Artha (KIA) hadir dengan mengusung tema ‘Opposite United’ untuk mempertegas komitmen dalam hal menghadirkan solusi mobilitas berkelanjutan. Terkait komitmen KIA, Kendaraan keluarga ramah lingkungan berbasis listrik, Kia EV9 GT-Line diluncurkan dalam pembukaan GIIAS 2023.

Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara bagi KIA dalam perkenalan Kia EV9 GT-Line. Pemilihan Indonesia sebagai negara pertama didasari atas potensi besar pertumbuhan kendaraan listrik di Tanah Air yang terus mengalami tren positif.

Dalam peluncuran Kia EV9 GT-Line, Andrew Nasuri selaku Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha mengatakan. “Kami sangat gembira dengan peluncuran Kia EV9 GT-Line pada hari ini, sebuah Battery Electric Vehicle SUV terbaru yang memiliki berbagai keunggulan. Kia EV9 GT-Line juga menunjukkan komitmen Indomobil group dalam mendukung program pemerintah terkait kendaraan elektrifikasi, terutama untuk merek Kia di Indonesia.”

Baca juga:  Kia EV9 GT-Line Siap 'Menyengat' di GIIAS Bandung 2023

Sebagai Kendaraan SUV listrik, Kia EV9 GT-Line dibekali dua motor listrik bertenaga 385 PS dengan torsi 700 Nm. Sesuai spesifikasinya, Kia EV9 dapat melaju dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik. Tentu catatan waktu yang fantastis untuk sebuah SUV 3 baris yang memiliki panjang lebih dari 5 meter.

Untuk baterai yang tertanam pada Kia EV9 GT-Line adalah lithium-ion yang berkapasitas 99,8 kWh dengan daya tempuh hingga 497 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Dengan kapasitas baterainya yang tergolong besar, Kia EV9 GT-Line memiliki catatan EV fuel economy hanya 228 wh/km.

Sementara pada sistem pengisian daya, Kia EV9 GT-Line membutuhkan waktu sekitar 10 jam 45 menit apabila menggunakan pengisian daya AC atau Wallbox Charging berkapasitas 11 kW. Sedangkan pada pengisian daya Ultra Fast Charging berjenis DC dengan kapasitas 250 kW, hanya membutuhkan waktu sekitar 23 menit.

Baca juga:  Kia EV9 GT-Line Siap 'Menyengat' di GIIAS Bandung 2023

Konfigurasi 3 baris yang menampung 7 penumpang membuat Kia EV9 GT-Line bisa menjadi pilihan yang ideal bagi masyarakat Indonesia yang menginginkan sebuah kendaraan listrik yang futuristik, canggih, dan bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga besar. Terlebih berbagai fitur canggih telah tersemat pada Kia EV9, mulai dari Wireless Charging, Ventilated and Heated Seats di baris pertama dan kedua, Relaxation Seats di baris pertama dan kedua, Dynamic Body Care di baris kedua, Dual Panoramic Sunroof, Head Up Display, hingga Premium Sound System dari Meridian dengan 14 speakers.

Sedangkan urusan keselamatan, fitur keselamatan canggih ADAS yang terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning and Crossing, Lane Following Assist, Lane Keeping Assist, Smart Cruise Control, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitor, High Beam Assist, Driver Attention Warning, Safe Exit Assist, Safe Exit Warning, Highway Driving Assist, dan Highway Driving Pilot.

Baca juga:  Kia EV9 GT-Line Siap 'Menyengat' di GIIAS Bandung 2023

Selain itu, terdapat juga fitur keselamatan lain, seperti Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Surround View Monitor, Parking Distance Warning, dan Parking Collision Avoidance Assist. Tidak ketinggalan, Kia EV9 GT-Line turut dilengkapi dengan fitur canggih Remote Smart Parking Assist 2 yang akan memungkinkan mobil dapat diparkir secara otomatis, baik melalui remote atau dari dalam kendaraan.

Kia EV9 GT-Line juga telah dilengkapi fitur Vehicle to Load (V2L) dan Vehicle to Vehicle (V2V). Fitur ini dapat menyalurkan daya listriknya ke alat elektronik rumah tangga atau kendaraan listrik lainnya. Rasanya Kia EV9 GT-Line cocok untuk menjelajahi berbagai tempat ala ‘campervan’. Dengan harga Rp 1.975.000.000 on the road DKI Jakarta dan sekitarnya, tentu angka yang cukup tinggi. Namun mengingat Kia EV9 GT-Line merupakan kendaraan SUV keluarga berbasis listrik yang menghadirkan berbagai fitur canggih, tentunya masih tergolong wajar. [dp/DB]

Previous articleAll New Lexus LM Melantai di GIIAS 2023, Nyaman dengan Fitur Baru
Next articleUsung Filosofi Jinbai-Ittai, Mazda Pamerkan 10 Mobil Andalan di GIIAS 2023