Ryan Nirwan Catat Rekor Baru di Ajang Interauto Bandung Sprint Rally 2023

DAPURPACU – Kejuaraan Nasional Sprint Rally bertajuk Interauto Bandung Sprint Rally 2023, 9-10 September lalu, berhasil mencatatkan beberapa rekor baru yang tercipta.

Berlangsung di Sirkuit Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gedebage Bandung, rekor baru tersebut berhasil dipecahkan oleh pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI), Ryan Nirwan.

Sepanjang 4 Special Stage yang digelar sejak hari Sabtu hingga Minggu, pereli kelahiran Balikpapan, Kalimantan Timur, ini berhasil mengungguli para pesaingnya dengan gap cukup signifikan.

Usai melakoni kompetisi tersebut, Ryan menjelaskan salah satu kunci keberhasilannya adalah lantaran dirinya memang menyukai karakter lintasan tarmac.

Dia mengakui performa Toyota GR Yaris AP4 serta set up yang telah diracik tim engineer terbukti mumpuni untuk berjibaku dengan mobil rally yang memiliki spesifikasi di tunggangannya.

“Ya yang bikin saya senang atas kemenangan ini adalah, semua orang tahu bahwa berdasarkan spesifikasi mobil memang memiliki perbedaan yang signifikan,” ujar Ryan, usai menjuarai Interauto Bandung Sprint Rally 2023.

Baca juga:  TGRI Rebut Seluruh Podium MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri ke-2

“Tapi di sini kita bisa menunjukkan, kita masih bisa fight dan menang melawan mereka dengan menyapu bersih semua SS dan itu pasti senang banget,” jelas Ryan, dalam siaran resminya, Senin.

Sebagai informasi, Ryan berduet dengan navigator Adi Indiarto langsung memimpin di SS 1 dengan waktu tercepat 02:48.39. Dilanjutkan waktu tercepat 02:45.17 pada SS 2.

Keduanya pun menunjukkan hasil positif dengan kembali memimpin di SS 3 dengan torehan waktu tercepat 03:37.82 dan 03:36.5 di SS 4, yang digapainya pada Minggu (10/9).

Secara meyakinkan, keduanya mencatatkan total waktu tercepat 12:47:93, yang menetapkan TGRI sebagai juara pertama overall sekaligus satu-satunya pasangan dengan catatan waktu 12 menit.

Sementara itu H Rihans Variza, sebagai salah satu penantang terkuat pada kompetisi tersebut turut berkomentar mengenai penyelenggaraan Kejurnas Sprint Rally Bandung 2023.

“Melihat kondisi treknya, ini memang cukup sulit. Di sini saya untuk menjaga poin di klasemen saja, setidaknya poin yang saya miliki tetap aman di klasemen sementara,” tutur pereli asal Binuang, Kalimantan Selatan.

Baca juga:  TGRI Rebut Seluruh Podium MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri ke-2

Seperti diketahui, ajang balap reli tersebut diikuti tidak kurang dari 130 pereli Nasional yang saling beradu cepat di atas lintasan tarmac.

Fredi Rostiawan selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan, animo yang timbul dari pereli Tanah Air dengan memadati starting list merupakan salah satu hal menggembirakan.

Hal ini juga menjadi sebuah rekor tersendiri bagi dirinya, di mana even perdana yang digelar di GBLA mampu menarik banyak pelaku motorsport, khususnya rally.

“Melihat animo yang mendaftar, ini cukup bagus menurut saya. Dan ini juga menjadi sejarah baru bagi Kota Bandung, di mana pelaksanaannya berada di area stadion,” tutup Fredi. [dp/TH]

Berikut Hasil Akhir Kejurnas Sprint Rally Bandung 2023:

1. Ryan Nirwan / Adi Indiarto – Toyota Gazoo Racing Indonesia – 12 menit 47,9 detik
2. H Rihans / Anthony Sarwono – HRVRT BGM HBM BMB MITRA FORD – 13 menit 01,9 detik
3. H Rahmat / Hade Mboi – LFN Sederhana Motorsport – 13 menit 14,4 detik
4. Rifat Sungkar / Hendra Damanik – LFN Sederhana Motorsport – 13 menit 47,2 detik
5. Emmanuele Amandio / Deddy Indra – AHSRT – 14 menit 04,2 detik

Previous articleProduk United E-Motor Segera Mengaspal di Negeri Jiran
Next articleAbimanyu Raih Hasil Positif di Seri Pembuka HDC 2023