Mercedes-Benz Resmi Masuk ‘Keluarga Besar’ Inchcape dan Indomobil

DAPURPACU – PT Indomobil Sukses Internasional dan Inchcape Motors Private Limited (Inchcape) resmi mengambil alih distribusi dan produksi Mercedes-Benz di Indonesia.

Hal ini diwujudkan melalui penandatanganan Akte Pengalilhan Saham dengan kepemilikan saham masing-masing 30% Indomobil (secara langsung maupun tidak langsung) dan Inchcape 70%.

Seluruh saham PT Mercedes-Benz Indonesia, serta mayoritas saham di PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (distributor mobil penumpang Mercedes-Benz di Indonesia) telah dialihkan kepada Indomobil dan Inchcape.

Nantinya, pengoperasian Mercedes-Benz Distribution Indonesia akan dikelola bersama dengan Indomobil. Dengan perjanjian ini memperluas kerja sama distribusi Inchcape dan Indomobil di Indonesia.

Inchcape pun berkomitmen akan terus melanjutkan operasional Mercedes-Benz di Indonesia, guna mendapatkan produk dan layanan berkualitas sebagaimana telah diberikan selama bertahun-tahun.

Sementara aktivitas produksi di pabrik Wanaherang, Bogor, juga akan terus berjalan tanpa gangguan, dimana karyawan akan tetap dan diberi kesempatan untuk bekerja di perusahaannya saat ini di bawah kepemilikan baru dan semua kebijakan terkait kepegawaian akan tetap sama dan patuh pada peraturan yang berlaku.

Amanda Zhang, CEO & President Mercedes-Benz and Head of Region SEA II mengatakan, pasar Indonesia tetap menjadi pasar yang penting bagi perusahaan.

Zhang pun menargetkan perkembangan yang semakin besar dengan memprioritaskan pengalaman pelanggan yang mewah pada masa transformasi dengan elektrifikasi dan digitalisasi.

“Bersama Inchcape Indonesia dan Indomobil, kami memiliki mitra berpengalaman untuk melampaui harapan pelanggan dan membantu dalam melanjutkan perjalanan di Indonesia.”

Di sisi lain, Ruslan Kinebas, Inchcape’s APAC CEO, mengakui senang dapat menyelesaikan akuisisi Mercedes-Benz Indonesia, serta memperluas kemitraan global dengan Mercedes-Benz.

“Kami telah meraih keberhasilan bersama Mercedes-Benz sebagai mitra di wilayah Amerika dan terbaru di Filipina. Indonesia adalah pasar prioritas bagi Inchcape dan saya semangat akan kesuksesan bersama Mercedes-Benz ke depannya di Indonesia.”

Khoo Shao Tze, President Director of Inchcape Indonesia, menuturkan bahwa Mercedes-Benz telah menjadi merek kendaraan mewah nomor satu di Indonesia selama bertahun-tahun.

Dia pun memaparkan bahwa pihak Inchcape sangat bersemangat untuk melanjutkan keberhasilan selama ini dan juga mengembangkan bisnis Mercedes-Benz di Indonesia.

“Penambahan Mercedes-Benz ke dalam portfolio merek kami di Indonesia adalah langkah penting dalam mencapai ambisi untuk menjadi mitra utama dalam perjalanan Indonesia ke era energi baru dan menjadi pemain penting dalam segmen premium mass to luxury.”

“Dengan menggabungkan pengalaman dan keahlian kami di pasar Indonesia dengan kapabilitas global milik Inchcape, kami yakin merek Mercedes-Benz akan berkembang dan menjadi semakin besar di Indonesia,” tutup Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur Indomobil. [dp/TH]

Previous articlePerdana, Terios 7 Wonders Bakal ‘Blusukan’ di Lombok
Next articleWuling Motors Banderol New Almaz RS Series Lebih Murah