Daihatsu Ajak Sahabat Klub Lihat Langsung Pengecatan di Pabrik

DAPURPACU – Upaya Daihatsu untuk terus dekat dengan konsumen loyalnya makin diperkuat, tak terkecuali kepada para Sahabat Klub dari berbagai varian mobil Daihatsu.

Salah satunya melalui acara bertajuk Daihatsu Club Painting Quality Workshop, di PT Astra Daihatsu Motor – Technical Training Center, Sunter, Jakarta Utara, 4 November lalu.

Melalui acara ini, Daihatsu ingin memperlihat keseluruhan proses yang dilakukan para teknisinya saat proses pengecatan mobil, sehingga hasilnya berkualitas baik.

Adapun tujuan dari acara itu adalah memberikan pengetahuan dasar dan wawasan tentang proses pengecatan, hingga tips dan trik menjaga cat bodi mobil tetap terawat.

Komarudin, peserta workshop ini mengapresiasi Astra Daihatsu Motor yang telah mengedukasi tentang cat mobil mulai dari teknologi, proses, hingga tips perawatannya.

“Workshop ini juga semakin meyakinkan kami bahwa mobil Daihatsu memiliki cat kendaraan dengan proses dan hasil yang berkualitas, baik dari manufaktur, maupun bengkel resmi,” ujar pria yang tergabung dalam komunitas Gran Max Luxio chapter Bekasi.

Baca juga:  Daihatsu Ajak Komunitas Mobil dan Motor Seru-seruan di GIIAS 2024

Secara fungsi, cat merupakan lapisan terluar bodi mobil untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca, udara, karat, sekaligus memperindah tampilan pada eksterior mobil.

Dalam perkembangannya, proses pengecetan di industri otomotif dimulai dengan menggunakan metode ‘kuas/brushing’. Dilanjutkan spraying dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi.

Kemudian mulai menerapkan teknologi ‘semi robot’, hingga proses pengecatan dengan metode canggih yaitu ‘full robotic’ pada keseluruhan bodi mobil.

Pengecatan yang dilakukan di pabrik PT Astra Daihatsu Motor menggunakan standar manufaktur, yaitu Heat Polymerization, yang merupakan proses pengecatan menggunakan proses dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius.

Terdapat empat proses pengecatan di pabrik, dimulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer & sealing dengan lapisan terakhir adalah top coating.

Selain itu, cat bodi juga dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl, yang berbeda dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan pelanggan.

Baca juga:  Tampil di GIIAS 2024, Rocky Hybrid Bukti Eksistensi Elektrifikasi Daihatsu di Dunia

Dalam workshop yang dihadiri tidak kurang dari 50 peserta dari perwakilan 18 Klub official Daihatsu ini, dijelaskan bagaimana cara merawat cat pada mobil, antara lain:

– Simpan mobil di garasi. Ini untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya. Jika tidak, manfaatkan cover khusus yang tidak merusak cat dan tahan terhadap cuaca.

– Mencuci mobil secara rutin minimum seminggu sekali menggunakan air bersih, shampoo mobil dan dilakukan pada tempat yang sejuk.

– Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan, dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.

– Perawatan pemolesan perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap. Gunakan material poles atau wax yang berkualitas baik, tidak berbahaya terhadap cat dan bebas amonia. [dp/TH]

Previous articleHonda CBR250RR Wujudkan Pebalap Indonesia Jawara Asia di ARRC 2023
Next articleHino Perkuat Jaringan Resmi di Balikpapan Lewat Diler ini