Rayakan HUT ke-20, Forwot Kembali Gelar Turing dan Diskusi Seputar Otomotif

DAPURPACU – Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) kembali menggelar agenda rutin yakni turing dan diskusi seputar otomotif, yang kali ini digagas pada 2-3 Desember lalu.

Berlangsung di The Pelangi Hotel & Resort, Bogor, Jawa Barat, momen tahunan ini bertepatan dengan hari jadi paguyuban jurnalis otomotif tersebut yang ke-20 tahun.

Hal itu diamini oleh Ketua Pelaksana HUT ke-20 Forwot, Chairul Rohman yang menuturkan kegiatan Forwot tahun ini terbilang istimewa untuk eksistensi ‘wadah’ jurnalis kendaraan roda-empat dan roda-dua Tanah Air ini.

“Kegiatan ini, juga tak hanya jadi ajang berkumpul, juga bermanfaat dengan diskusi, silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan sesama anggota Forwot,” tuturnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, turing Forwot kali ini tak hanya sekadar melakukan perjalanan, tapi sekaligus menimba ilmu dengan beragam diskusi yang tersaji.

Selain itu, para peserta juga disuguhkan berbagai acara menarik lainnya, seperti reels competition, dan fun games. Kegiatan Forwot tahun ini juga menjadi yang terbesar dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 112 peserta.

Baca juga:  Wahana Jaring Personel Bengkel AHASS Terbaik Jakarta-Tangerang

Diskusi Menimba Ilmu

Paling menarik dalam serangkaian acara pada touring Forwot kali ini yaitu adanya diskusi terkait strategi dekarbonisasi beberapa produsen otomotif di Tanah Air.

Di sesi pertama bersama dengan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengangkat tema cukup menarik, yaitu Decarbonization and Optimization Opportunities for the Indonesia Automotive Market.

Dukungan Suzuki Dalam Diskusi HUT Forwot ke-20

Dalam kesempatan itu, 4W Marketing & Business Strategy Director PT SIS, Harold Donnel memaparkan bagaimana langkah nyata Suzuki untuk mengurangi emisi gas karbon.

Dijelaskan juga terkait optimalisasi segmen pasar, yang dalam hal ini adalah sport utility vehicle (SUV) yang saat ini memang sedang berkembang di Indonesia, serta strategi elektrifikasi Suzuki.

Di sesi diskusi kedua, para peserta diajak untuk mengetahui lebih jauh terkait persiapan Dyandra Promosindo, sebagai penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Dalam kesempatan itu, Rampoko Hadi sebagai General Manager HR, GA, dan PR Dyandra Promosindo, memaparkan strategi pihaknya menggelar pameran otomotif pasca Pemilihan Umum (Pemilu) dan juga Pemilihan Presiden (Pilpres).

Baca juga:  Honda Premium Matic Day Sapa Warga Tangerang Selatan

Pada hari kedua, diskusi berlanjut bersama dengan PT Chery Sales Indonesia (CSI). Dalam kesempatan ini Rifkie Setiawan, Head of Brand PT CSI memaparkan terkait strategi pabrikan asal Tiongkok ini, khususnya di industri elektrifikasi.

Selain itu, juga diumumkan langkah Chery untuk memulai perakitan mobil listrik Omoda E5 yang dilakukan di fasilitas milik PT Handal Indonesia Motor, di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Untuk meningkatkan skill peserta dalam mengkreasikan idenya di media sosial, Forwot juga menggelar kompetisi reels, dengan empat unit mobil berbeda sebagai medianya, yaitu Honda WR-V, Mitsubishi XForce, Suzuki XL7 Hybrid, Chery Omoda 5 GT, dan Chery Omoda E5.

Para peserta ditantang untuk membuat video sekreatif mungkin, dan diunggah dengan format reels di akun pribadi media sosial masing-masing.

Berbagai kegiatan menarik di touring Forwot kali ini, tak lepas dari puluhan sponsor, yakni PT Chery Sales Indonesia (CSI), PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), UD Trucks, PT Honda Prospect Motor (HPM), Wuling Motors, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), PT Hino Sales Motor Indonesia (HSMI), Mitsubishi Fuso, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Pertamina Lubricant, Garda Oto, Dyandra Promosindo, Seven Event, PT Toyota-Astra Motor (TAM), PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Piaggio Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM), GT Radial, Astra Financial, PT Neta Auto Indonesia, Jeep, Caroline.id, Dialogue, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), Bridgestone, Motul, RSV, dan Rabbit and Wheels. [dp/TH]

Previous articleWuling Air ev Didapuk Jadi Mobil Listrik Terbaik di GridOto Award 2023
Next articleIndonesia Jadi Basis Produksi Pertama Chery Omoda E5 di Asia Tenggara