Chery Mulai Produksi OMODA E5 di Indonesia

Berfoto bersama pada acara Roll Off Ceremony OMODA E5, dari kiri ke kanan: Zhang Guibing, President Director of Chery International, Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Shan Xiangqian, Wakil Gubernur Provinsi Anhui China, dan Jongkie Sugiarto, Komisaris PT Handal Indonesia Motor

DAPURPACUID – PT Chery Sales Indonesia (CSI) kemarin resmi memulai produksi perdana CKD untuk mobil listrik pertamanya di kawasan Asia Tenggara di Indonesia. Mobil listrik yang sebelumnya dikenal dengan nama OMODA 5 EV, kini secara resmi diberi nama baru, yaitu OMODA E5.

Produksi CKD yang dilakukan di pabrik perakitan Chery yang berlokasi di Pondok Ungu, Jawa Barat, ini merupakan bagian dari bentuk tanggung jawab Chery atas keberlanjutan lingkungan melalui produk mobil rendah emisi. Untuk merayakan momentum bersejarah ini, maka CSI mengadakan Roll Off Ceremony OMODA E5 sebagai penanda dimulainya produksi.

Acara Roll Off Ceremony OMODA E5 ini dihadiri oleh Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Shan Xiangqian, Wakil Gubernur Provinsi Anhui China, Zhang Guibing, President Director of Chery International, Chen Chunqing, President PT Chery Sales Indonesia, Qu Jizong, Executive Vice President PT Chery Sales Indonesia, dan Jongkie Sugiarto, Komisaris PT Handal “Dimulainya produksi Chery OMODA E5 di Indonesia menjadi sebuah langkah nyata yang menunjukkan komitmen kami untuk mendukung transisi energi hijau di Indonesia.

Baca juga:  Ini Sosok Diler Resmi Chery Kedua di Area Penyangga Ibu kota

Kami percaya bahwa mobil listrik adalah masa depan transportasi, dan kami berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia,” papar Chen Chunqing, President PT Chery Sales Indonesia.

Kehadiran Zhang Guibing sebagai orang nomor satu pada struktur organisasi Chery Internasional juga menjadi bukti keseriusan komitmen bisnis Chery di Indonesia. Ia tidak hanya ingin memastikan secara langsung kelancaran produksi perdana OMODA E5, namun juga memanfaatkan kesempatan ini untuk dapat bertemu dengan pemerintah Indonesia.

Pada sambutannya, Zhang Guibing menyampaikan bahwa dukungan Chery untuk transisi energi hijau di Indonesia akan berjalan beriringan dengan komitmen dukungan Chery mengembangkan industri otomotif Indonesia dengan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi dan distribusi kendaraan listrik setir kanan.

“Mobil listrik Chery, OMODA E5, yang diproduksi perdana kemarin di kawasan Asia Tenggara merupakan hasil terbaru dan menunjukkan komitmen kami terhadap pasar Indonesia. Kami akan terus mendorong inovasi teknologi, menyediakan solusi mobilitas yang lebih ramah lingkungan, lebih cerdas, dan lebih nyaman bagi konsumen Indonesia.

Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas dukungan pemerintah China dan Indonesia, seluruh mitra, dan rekan-rekan media yang hadir kemarin, acara OMODA E5 Roll Off Ceremony dapat terlaksana dengan baik,” ujar Zhang Guibing.

Baca juga:  Hyundai All New Kona Electric Dijual Rp500 Jutaan, Pre-booking Dimulai

Pemerintah Indonesia menyambut komitmen Chery dengan sangat positif. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya menyatakan apresiasinya akan acara Roll Off Ceremony OMODA E5 yang berlangsung kemarin. “Kami mengapresiasi komitmen Chery dengan diproduksinya OMODA E5 di Indonesia mulai kemarin, sekaligus berperan aktif dalam pengembangan industri otomotif yang bertransformasi menuju era elektrifikasi dan ekosistem ramah lingkungan. Dengan pengalaman kuat Chery dalam produksi dan ekspor kendaraan, kami juga berharap bahwa Chery akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor untuk mobil listrik,” ujar Airlangga.

Produksi OMODA E5 ini dijalankan tepat waktu sesuai yang sudah direncanakan untuk dapat memenuhi jadwal pendistribusian kepada para pemesan yang akan dilakukan pada Q1 2024. Kepastian jadwal produksi dan distribusi merupakan hal yang sangat dijaga oleh CSI sebagai salah satu cara untuk membangun kepercayaan konsumen. Oleh karena itu, CSI melengkapi infrastruktur produksinya dengan peralatan canggih khusus untuk perakitan kendaraan listrik agar kualitas produksi dapat berlangsung sesuai standarisasi global Chery.

Baca juga:  Chery Tiggo 5X Dibanderol Mulai Rp239 Juta, Ingat Buat 1.000 Konsumen Aja!

Produksi CKD Chery di Indonesia bukan hanya tentang membangun kendaraan, tetapi juga menciptakan keunggulan dalam industri dengan memastikan proses produksi OMODA E5 berjalan dengan standar kualitas tinggi dan metode produksi yang baik. Kualitas akan menjadi pondasi dari reputasi yang menjadi tanda kesuksesan Chery dalam dalam melahirkan kendaraan listrik yang tidak hanya efisien secara energi, tetapi juga dapat diandalkan dan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa.

Sejak kehadiran OMODA E5 pertama kali pada GIIAS 2023 bulan Agustus yang lalu, pemesanan pre-booking telah mencapai 400 unit. OMODA E5 yang merupakan kendaraan EV pertama Chery untuk pasar global diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang ingin memulai gaya hidup mobilitas rendah emisi dengan dukungan motor listrik berdaya 120 kW dan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer. [dp/BGS]

Previous articleDiprediksi Makin Kompetitif, Antangin Kembali Sponsori Gresini Racing
Next articleUpaya Astra Honda Racing School Wujudkan Mimpi Pebalap Muda Indonesia