Toyota Pertahankan Pangsa Pasar di Atas 33% Selama 5 Tahun

DAPURPACUID – PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil membukukan penjualan beragam lini produk Toyota sebanyak 304.736 unit selama periode Januari-November 2023.

Jumlah ini naik 1,49 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu sebesar 33%. Dengan pencapaian ini diklaim Toyota berhasil mempertahankan market share di atas 30% selama 5 tahun terakhir.

“Meski banyak APM kendaraan roda empat baru hadir di Indonesia, kami berhasil mempertahankan pangsa pasar di atas 30% selama lima tahun terakhir,” jelas Henry Tanoto, Vice President Director TAM, disela acara Media Gathering, Selasa (12/12) lalu.

Dia menambahkan, sepanjang tahun ini terdapat 13 model baru baik model komersial, produk-produk GAZOO Racing, serta beragam pilihan kendaraan elektrifikasi (xEV).

Untuk xEV sendiri, Henry menuturkan bahwa whole sales-nya juga turut meningkat mencapai 33.603 unit dengan market share 54,3% pada periode Januari – November 2023.

Baca juga:  TGRI Tampil All-out di MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri Pertama

Dengan kenaikan lebih dari enam kali lipat dari tahun sebelumnya, All New Kijang Innova Zenix HEV, All New Yaris Cross HEV, serta Corolla Cross HEV menjadi penyumbang terbesar penjualan.

Henry menjelaskan, penjualan produk xEV Toyota yang di dalamnya terdiri dari BEV, PHEV, dan HEV, meraih market share sekitar 54 persen dibanding tahun lalu sebesar 21 persen.

“Pangsa pasar model-model hybrid Toyota di tahun lalu mencapai 41 persen, sedangkan tahun ini meraih 77 persen, ada peningkatan di situ,” ujarnya menambahkan.

Hingga November lalu, penjualan Toyota masih didominasi mobil MPV, yakni sebesar 59,35%. Diikuti segmen SUV 24,97%, komersial 7,75%, hatchback 7,32% dan sedan 0,61%.

Tiga kontributor terbesar penjualan periode Januari – November 2023 adalah Kijang Innova sebanyak 57.618 unit, Avanza 56.432 unit dan Calya 41.683 unit.

Total penjualan HEV Toyota di 2023 adalah 33.603 unit, sekitar 11% dari total sales Toyota tahun ini. Naik signifikan dari total penjualan medio 2020 – 2022 sebanyak 7.411 unit, atau hanya sekitar 1% dari total penjualan Toyota.

Baca juga:  TGRI Tampil All-out di MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri Pertama

Khusus kendaraan tersebut, Kijang Innova Zenix HEV kembali memimpin dengan angka 24.250 unit, disusul Yaris Cross HEV 5.284 unit dan Corolla Cross HEV 1.161 unit.

Sementara itu, rangkaian produk Gazoo Racing (GR) juga berkontribusi besar dimana sebagai varian flagship di beberapa model hatchback dan SUV mencetak market share rata-rata 81,4% pada setiap model. [dp/TH]

Previous articleSatu Dekade Shell Helix Astra, Hadirkan Inovasi Pelumas Kendaraan
Next articlePenjualan Ritel Daihatsu Gapai 179 Ribu Unit Lebih per November 2023