Daisuke Okamoto Gantikan Nobukaza Tanaka Jadi Presiden Direktur KTB

DAPURPACUID – Penggantian puncuk pimpinan tertinggi terjadi pada PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia.

Jabatan Presiden Direktur yang sebelumnya berada di pundak Nobukaza Tanaka sejak 1 April 2022, kini diserahkan kepada Daisuke Okamoto efektif akan dimulai pada 1 Februari 2024.

Penggantian posisi tersebut berdasarkan keputusan para pemegang saham, tanpa mengesampingkan kinerja positif yang sudah dicapai oleh Tanaka sepanjang 1 tahun lebih.

Di awal masa jabatannya, Tanaka mampu membawa KTB berhasil melewati masa peralihan seluruh lini produk Fuso dari yang semula Euro 2, kini mengusung teknologi mesin Euro 4 yang ramah lingkungan.

Hal ini diwujudkan melalui diluncurkannya Fuso Canter dan Fighter X dengan mesin Euro 4. Kedua produk diklaim mendapat respon positif dari konsumen, para pelaku bisnis di berbagai sektor.

Tak hanya itu, untuk kesekian kalinya KTB berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pangsa pasar kendaraan niaga dengan perolehan 41,1 persen pada 2022.

Baca juga:  Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur di GIIAS 2024, Dijual Baru di Jabodetabek

Di 2023, KTB meluncurkan Fuso Fighter X Mining Equipment version 2 dan Canter Bus, sehingga total varian produk Fuso menjadi 37 dengan 17 varian Canter dan 20 varian Fighter X.

Selain itu, Tanaka juga menguatkan dari sisi lainnya yakni pada layanan purna jualnya melalui penambahan diler baru di berbagai wilayah di Indonesia.

Dilakukan pula penambahan Bengkel Siaga 24 Jam, Part Depo dan pendirian Cabin dan Casis Repair, sehingga KTB memiliki jaringan diler dan layanan purna jual terluas dan terbanyak di Tanah Air.

Saat ini, KTB memiliki total 221 diler, 16 Bengkel Siaga 24 Jam, 18 Part Depo, 127 Mobile Workshop Service (MWS) dengan lebih dari 6.700 outlet suku cadang.

Di sisi teknologi, KTB menghadirkan aplikasi Runner 3.0 dan My Fuso, aplikasi yang memudahkan konsumen memonitor kondisi kendaraan dan mendapatkan informasi terbaru mengenai Fuso.

Baca juga:  KTB Jemput Bola Layanan Purna Jualnya Lewat Service Point

Sepanjang kepemimpinan Tanaka, KTB melakukan serangkaian uji coba Fuso eCanter yaitu truk tenaga listrik kepada beberapa perusahaan logistik seperti Goto, Wings, Pos Logistik, dan lainnya.

“Hal ini menjadi acuan bagi KTB untuk mengambil langkah selanjutnya, terkait dengan elektrifikasi kendaraan niaga,” tulis KTB dalam siaran resminya, Rabu (10/1).

“KTB juga peduli terhadap dunia pendidikan dengan memberikan truk FUSO Euro 4 kepada 8 sekolah kejuruan di seluruh Indonesia untuk dijadikan alat praktik para siswa kejuruan otomotif.”

Sementara untuk Okamoto, bukanlah orang baru di dunia otomotif, dimana sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Sales and Marketing KTB, selama periode 2011 – 2016.

Selanjutnya dia dipindahkan ke prinsipal Jepang, untuk menjabat sebagai General Manager Automotive Business Division di Mitsubishi Corporation.

Dengan kembali Okamoto ke Indonesia dan menjabat sebagai Presiden Direktur, KTB berharap dapat meneruskan kesuksesan pendahulunya sekaligus membawa merek Fuso lebih sukses lagi. [dp/TH]

Previous articleWahana Tebar Diskon Menggiurkan Berbagai Tipe Motor Honda
Next articleSaatnya Miliki Wuling BinguoEV, Program ini Masih Berlaku