DAPURPACUID – PT Honda Prospect Motor (HPM) menutup tahun lalu dengan mencatatkan peningkatan tipis penjualan secara retail sebesar 2 persen dibandingkan tahun 2022.
Sepanjang 2023 lalu, lini model Honda berhasil terjual sebanyak 128.010 unit. Dari jumlah ini, rangkaian produk SUV berkontribusi besar hingga 51,2 persen terhadap total penjualan.
Secara rinci, selama 2023, rangkaian model SUV Honda mampu mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 18 persen dibanding tahun sebelumnya.
Sumbangan terbesar dihasilkan oleh Honda HR-V, yang terjual sebanyak 24.736 unit dengan kontribusi sebesar 19,3% terhadap penjualan sepanjang 2023 lalu.
Diikuti Honda WR-V yang berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 18.046 unit, atau berkontribusi sebesar 14 persen dari total penjualan.
Selanjutnya Honda BR-V berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 18.104 unit, serta model SUV flagship Honda yaitu All New CR-V terjual sebanyak 4.720 unit.
Pada model lainnya, Honda Brio kembali menjadi model dengan penjualan terbanyak yang berhasil membukukan angka sebanyak 56.627 unit.
Untuk model Honda lainnya seperti City Hatchback RS terjual sebanyak 2.707 unit, Mobilio (1.547 unit), Civic (901 unit), Accord (272 unit), City (266 unit) dan Civic Type R sebesar 84 unit.
Sales & Marketing and After Sales Director HPM, Yusak Billy mengatakan, di tengah pencapaian penjualan otomotif nasional yang tidak setinggi tahun sebelumnya, permintaan terhadap produk Honda tetap tinggi.
“Sehingga kami dapat mencapai peningkatan penjualan secara retail di 2023. Kami akan terus memonitor perkembangan pasar di tahun ini,” tutur Billy, dalam keterangan tertulisnya.
“Kami akan melakukan pengaturan stok dan produksi agar dapat terus memenuhi permintaan konsumen, serta terus menyegarkan pasar dengan pembaruan produk dan program penjualan yang menarik untuk konsumen.”
Program Penjualan di Awal Tahun
Membuka tahun ini, HPM menggelar program penjualan bertajuk ‘Makin Gembira Jika Ada Honda (MERIAH)’ dengan periode berlangsung pada Januari – Maret 2024.
Ragam keuntungan bisa diperoleh konsumen bila memanfaatkan program tersebut, mulai dari bebas biaya perawatan hingga Program SETIA dan RESOLUSI.
Pada program Bebas Biaya Perawatan (Gratis Paket Hemat 1) didapat secara khusus untuk pembelian Honda Brio Satya, Brio RS, CR-V, Mobilio, City Hatchback RS dan All New BR-V.
Dalam program tersebut calon konsumen akan mendapat secara langsung Paket Hemat 1, yaitu gratis biaya jasa dan suku cadang untuk perawatan berkala sampai dengan 50.000 KM atau 4 tahun.
Terdapat juga program Fleet Sales & COP Campaign bagi perusahaan yang ingin melakukan pembelian fleet dan untuk konsumen yang ingin menggunakan fasilitas Car Ownership Program untuk pembelian City Hatchback RS dan Accord.
Berikutnya customer gathering yang diadakan oleh diler resmi Honda di berbagai kota dan berkesempatan mendapatkan value jutaan rupiah untuk setiap pembelian CR-V dan BR-V.
Khusus bagi konsumen yang ingin menukarkan (trade-in) mobil lamanya dengan model baru Honda bisa memanfaatkan program SETIA (Semangat Ganti Mobil Honda).
Program tukar tambah khusus untuk pembelian Honda WR-V dan HR-V ini memberikan kemudahan cicilan mulai dari Rp4 juta dan penawaran additional loyalist hingga Rp7 juta.
Sementara untuk program RESOLUSI (Realisasikan Mobil Baru dengan Leasing), menawarkan berbagai kemudahan serta penawaran hitungan finansial spesial demi meringankan konsumen.
Tak kalah menarik, Honda juga menawarkan program Ease of Mind with 0% Interest 2-3 Years dengan cicilan 0% hingga 3 tahun, untuk pembelian Honda City, Civic dan Accord. [dp/TH]