Blackvue DR970X Plus Meluncur, Dashcam Tercanggih Saat ini

DAPURPACUID – Blackvue, produsen kamera dasbor kendaraan, memanfaatkan momen pameran IIMS 2024 untuk meluncurkan lagi produk baru yaitu DR970X Plus, Jumat (16/2) lalu.

Didukung teknologi kecerdasan buatan alias AI (artificial intelligence), dashcam teranyar ini menonjolkan kemampuannya untuk menggabungkan perangkat keras dan lunak dalam satu produk.

Direktur Marketing Blackvue, Rudy memaparkan, dengan memadukan kedua perangkat ini menghasilkan gambar yang jelas dan mampu menghilangkan buram saat mobil bergerak.

“Seri 4K Plus baru menggambarkan kekuatan itu. Kamera Blackvue sanggup menangkap plat nomor dengan sangat jelas, baik kondisi siang maupun malam hari,” ujarnya disela peluncuran di booth Blackvue di Hall B1, JIExpo Kemayoran.

Perpaduan teknologi AI dan hardware berupa sensor Sony Starvis 2, juga lensa tujuh elemen dengan bukaan f/1.7 dan shutter speed tiga kali lipat dari biasanya.

Tak hanya itu, Blackvue juga melakukan penyetelan ulang image signal processing (ISP) dan menyempurnakannya, sehingga perangkat kamera mampu membekukan peristiwa.

Baca juga:  KYB Elite dan K-Alpha, Cocok Buat Maxi Yamaha

Dilengkapi pula dengan fungsi AI kamera pintar yang secara otomatis menyesuaikan pencahayaan ketika kondisi menjadi terlalu terang ataupun terlalu gelap.

Blackvue DR970X Plus juga mengoptimalkan event buffer dua kali lebih lama, yaitu 10 detik, naik 5 detik dari model sebelumnya, membuat klip video kejadian yang direkam saat mengemudi atau parkir menyertakan rekaman 10 detik sebelum peristiwa pemicu terjadi.

Terdapat Codec HEVC/H.265, produk ini memiliki fitur efisiensi tinggi algoritma kompresi pengkodean video, dimana penggunaan memori diklaim tetap efisien dan hemat walaupun merekam dalam resolusi 4K.

Adanya fitur HEVC juga dapat menjaga detail lebih baik dan juga memungkinkan perekaman pada bitrate lebih tinggi yaitu 60 megabyte per detik.

DR970X Plus pun didukung mode parkir bawaan melalui kabel hardwiring yang disertakan. Fitur tersebut memastikan kendaraan terlindungi, bahkan saat sedang diparkir.

Fitur mode parkir mencakup monitor voltase bawaan untuk melindungi baterai kendaraan, dan dapat dengan mudah disesuaikan melalui aplikasi BlackVue. Di sisi lain, DR970X Plus juga menyertakan GPS, Wi-Fi dan konektivitas LTE opsional.

Baca juga:  KYB Elite dan K-Alpha, Cocok Buat Maxi Yamaha

GPS yang disertakan menyematkan data kecepatan dan lokasi dalam video yang direkam, memungkinkan pengguna melihat lokasi kamera di peta selama pemutaran di aplikasi Blackvue atau BlackVue Viewer.

Wi-Fi memungkinkan pengguna untuk terhubung ke dashcam dengan ponsel pintar atau tablet untuk transfer file cepat, dan juga memungkinkan kamera terhubung ke BlackVue Cloud menggunakan hotspot Wi-Fi seluler (router).

Untuk pengalaman cloud terbaik, pengguna dapat menghubungkan modul konektivitas LTE opsional ke port USB. Dengan fitur ini, pemilik dapat melacak dan melihat kendaraan mereka melalui salah satu dari tiga lensa kamera secara real-time via Aplikasi atau BlackVue Viewer.

BlackVue Cloud juga menyertakan fitur keamanan, seperti pemberitahuan benturan dan pengunggahan rekaman secara otomatis, yang sangat berguna saat digabungkan dengan mode parkir.

Fitur penting lainnya termasuk speaker internal, sensor benturan dan deteksi gerakan. Kamera dasbor menginformasi pengguna saat menyala, mati, atau mendeteksi kesalahan, melalui speaker yang disematkan di kamera depan.

Baca juga:  KYB Elite dan K-Alpha, Cocok Buat Maxi Yamaha

Akselerometer internal kamera depan mendeteksi benturan untuk memicu perekaman event, dan mengaktifkan mode parkir saat tidak bergerak selama lima menit.

BlackVue menandai semua video sehingga pengguna dapat memfilternya dan dengan cepat menemukan yang mereka butuhkan di Aplikasi atau BlackVue Viewer.

DR970X Plus dibanderol Rp9.590.000 dan tersedia di diler resmi BlackVue di seluruh Indonesia. Selama IIMS 2024, Blackvue menawarkan diskon hingga 40 persen dan hadiah menarik. [dp/TH]

Previous articleNine Autoseries Luncurkan Produk Baru Buat Mobil dan Motor
Next articleSimak Empat Poin Defensive Riding Saat Naik Motor di Jalan