BCA Expoversary 2024, Tawarkan Kredit KKB 2,67 Persen

DAPURPACUID – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar agenda awal tahunannya yaitu BCA Expoversary 2024, yang dihelat di ICE BSD City, Tangerang, 29 Februari – 3 Maret.

Total diikuti 25 merek mobil dan 75 group dealer, pada eksibisi tahun ini BCA menawarkan beragam kemudahan melalui bunga spesial kredit kendaraan bermotor (KKB) dan kredit sepeda motor (KSM).

Direktur BCA Finance, Petrus Karim mengatakan, dengan digelarnya pameran tersebut merupakan bentuk komitmen serius perusahaan dalam mendorong kredit konsumsi.

Selain bunga khusus, lanjut Petrus, terdapat penawaran menarik lainnya berupa down payment (DP) 0% untuk kredit kendaraan bermotor dan kredit sepeda motor BCA.

“Kami menilai, DP 0% dapat menjadi pembeda yang cukup signifikan bagi kelompok masyarakat tertentu,” tutur Petrus, disela pembukaan BCA Expoversary 2024, Kamis lalu.

Sepanjang BCA Expoversary 2024, BCA menyediakan bunga spesial KKB sebesar 2,67% flat p.a tenor 1 tahun dan program DP 0% untuk KKB, serta KSM.

Petrus menilai dengan track record yang baik, pihaknya dapat memberikan DP 0% yang mana [keberadaannya] sama pentingnya dengan bunga [spesial]. Dia meyakini tren kredit kendaraan bermotor masih tetap cerah.

“Meski banyak tantangan seperti kondisi perekonomian global dan konflik geopolitik, kami optimistis minat masyarakat membeli kendaraan tetap tumbuh pada tahun ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Direktur BCA Multi Finance Adhi Purnama menuturkan optimismenya terkait pertumbuhan kredit sepeda motor, yakni banyaknya tawaran promo yang kompetitif bagi masyarakat.

“Menariknya, selama 3 tahun rate-nya sama. Bisa dibilang rate-nya [kredit sepeda motor] sangat kompetitif untuk calon nasabah yang membeli sepeda motor jelang hari raya,” tandasnya.

Beberapa merek mobil yang hadir antara lain Mercedes-Benz, BMW, Honda, Toyota, Mitsubishi, Hyundai, Wuling, hingga electric vehicle dari berbagai merek seperti BYD dan Great Wall (GWM).

Untuk sepeda motor, BCA menggandeng 30 merek yang dipasarkan di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Harley-Davidson, Ducati, Triumph, Kawasaki, Piaggio, Vespa, dan lain-lainnya.

Selain offline di ICE BSD City, BCA Expoversary 2024 juga hadir secara online pada laman expo.bca.co.id, yang berlangsung sampai dengan 31 Maret 2024.

Catat Pertumbuhan

BCA mengeklaim mengalami pertumbuhan penyaluran pembiayaan KKB sebesar 20,8 persen secara tahunan (YoY) hingga mencapai Rp56,9 triliun per Desember 2023 lalu.

Dengan jumlah tersebut menjadikannya sebagai salah satu pendorong kenaikan portofolio kredit konsumer hingga 14,8 persen (YoY) menjadi Rp198,8 triliun.

Catatan Bank Indonesia menunjukkan, kredit konsumsi Indonesia tumbuh 13,2% YoY menjadi Rp1.998,3 triliun sepanjang 2023. Sektor KKB menjadi salah satu kontributor signifikan atas pertumbuhan segmen itu.

Sementara di sektor kendaraan listrik, optimisme pertumbuhan juga terlihat. BCA Finance yakin pertumbuhan pembiayaan (kendaraan listrik) akan terjaga di tren positif, mengingat besarnya potensi yang dimiliki pasar domestik.

“Tentu saja kami berharap tumbuh di tahun ini, sebab banyak merek-merek baru yang bermunculan, bahkan dari merek-merek lama juga,” tutup Petrus. [dp/EK]

Previous articleProduk SUV Honda Laris Manis di IIMS 2024, Segini Angkanya
Next articleKolaborasi Otospector-Tokopedia Bikin Nyaman Konsumen Beli Mobkas Bergaransi