Wakil DAM Borong Penghargaan Ajang FVSH 2024

DAPURPACUID – Ajang Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) 2024, yang digagas Astra Honda Motor akhir Februari lalu, menunjuk beberapa perwakilan Jawa Barat memenangkan kontes itu.

Tiga perwakilan PT Daya Adicipta Motora (DAM) berhasil menorehkan prestasi positif melalui siswa-siswa terbaiknya, pada ajang digelar di AHM Safety Riding & Training Center, Deltamas.

Di kategori siswa, Muhamad Ramdhan dari SMK Negeri 7 Baleendah, Jawa Barat, meraih juara pertama, disusul Michael Herdiansyah Valentino Imade Syamsi dari SMK Teladan Kertasemaya Indramayu, Jawa Barat sebagai juara kedua.

Sementara pada kategori guru, Hendrik Firmansah dari SMK Karya Nasional Majalengka, berhasil meraih juara kedua.

Chief Operating Officer PT DAM, Lerri Gunawan mengatakan, prestasi yang telah diraih ini menambahkan catatan pencapaian terbaik DAM di ajang kompetisi tingkat nasional itu.

Menurutnya, program kompetisi tersebut untuk mengukur dan mengevaluasi hasil pengembangan keterampilan siswa dan guru di bidang vokasi, khususnya industri otomotif.

Baca juga:  Intip Keseruan Honda EM1 e: Kawal Even Marathon di Bandung

“Semoga pencapaian ini menjadi inspirasi bagi para guru, siswa SMK dan generasi muda lainnya untuk terus bersemangat dalam mengembangkan keterampilan dan mencapai impian mereka,” ujar Lerri

Untuk siswa juara pertama ajang FVSH 2024 mendapatkan beasiswa prestasi Astra yakni kuliah di Politeknik Astra (ASTRAtech) selama 6 semester atau hingga lulus, bantuan dana pendidikan senilai Rp8.000.000, serta satu unit motor Honda untuk fasilitas praktik sekolah.

Juara kedua berhak mendapat Beasiswa Vokasi Astra dan bantuan dana pendidikan senilai Rp6.000.000. Sementara bantuan dana pendidikan senilai Rp6.000.000 juga diberikan untuk juara kedua pada kategori guru.

FVSH 2024 digelar secara berjenjang dari tingkat sekolah, regional hingga nasional. Pada seleksi kontes Siswa & Guru di Jawa Barat, sebanyak 8.000 siswa kelas XI dan 528 guru jurusan TBSM dari 133 SMK TBSM Astra Honda Jawa Barat telah mengikuti tahap pertama sejak 9 Oktober 2023.

Baca juga:  Resmi Mengaspal di Jabar, Target All New Honda BeAT Series Hingga 35 Ribu Unit

Seleksi tahap kedua dilaksanakan pada 24 Oktober 2023 melalui metode online untuk menyaring seluruh perwakilan siswa dan guru dari 123 SMK TBSM Astra Honda, guna memilih 75 siswa dan 75 guru sebagai wakil ke fase ketiga.

Fase ketiga dilaksanakan secara offline dengan tes teori, praktek meja dan troubleshooting, di mana terdapat 10 finalis guru dan 10 siswa yang bersaing pada final di Gedung Learning Center DAM, 8–9 November 2023.

Hingga akhirnya, terpilih 1 orang guru dan 5 orang siswa untuk maju ke tahap seleksi nasional yang diselenggarakan oleh AHM pada 20-22 Februari 2024.

Melalui serangkaian seleksi, terpilih 40 peserta didik dan 27 guru terbaik dari 36 provinsi di seluruh Indonesia untuk menghadapi seleksi nasional.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, FVSH 2024 menghadirkan ujian teori dasar sepeda motor listrik Honda bagi siswa dan tenaga pengajar.

Baca juga:  Resmi Mengaspal di Jabar, Target All New Honda BeAT Series Hingga 35 Ribu Unit

Hal ini merupakan bagian dari rencana perusahaan menyelaraskan perkembangan teknologi di industri sepeda motor dengan materi yang diajarkan di SMK mitra binaan.

Selain ujian teori terkait teknologi sepeda motor listrik, para guru dan siswa juga menjalani ujian praktik mulai dari pengenalan alat dan pengukuran, serta perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan teknologi terkini.

Para peserta guru juga diuji kemampuannya dalam teknik mengajar dan menyampaikan materi ajar seputar teknologi pada lini sepeda motor Honda.

Sebelumnya, mulai 2022, AHM telah memulai memperkaya wawasan terkait perkembangan sepeda motor listrik kepada para guru seluruh SMK mitra binaan Astra Honda. [dp/EK]

Previous articleBus Mercedes-Benz ini Dibalut Grafiti Unik Karya Stereoflow
Next articleAstra UD Trucks Kembangkan Vokasi Industri Dengan SMK ini