Pebalap AHRT Hanya Mampu Podium Ketiga di ARRC 2024 Buriram

Herjun Atna Firdaus berhasil meraih podium ketiga kelas AP250.

DAPURPACUID – Dua pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) masih cukup diperhitungkan oleh para rivalnya pada ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) musim 2024.

Meski belum mendulang hasil positif seperti harapan tim seperti tahun-tahun sebelumnya, setidaknya di putaran perdana ARRC tahun ini, podium telah mampu direngkuh.

Race pertama yang berlangsung siang tadi di Chang International Circuit, Buriram, Thailand, Herjun Atna Firdaus berhasil meraih podium ketiga kelas AP250.

Sementara Adenanta Putra yang terjun di kelas Supersport 600 (SS600) juga berhasil menampilkan performa yang memukau dengan meraih podium ketiga.

Seperti diketahui, lineup tim untuk kelas AP250 tidak sebanyak tahun sebelumnya, yang hanya menonjolkan dua pebalap yaitu Herjun dan Muhammad Kiandra Ramadhipa.

Sedangkan di kelas SS600 justru menjadi ‘kenaikan kelas’ bagi pebalap muda yang sebelumnya terjun pada kelas AP250, yaitu M. Adenanta Putra, Veda Ega Pratama dan Rheza Danica Ahrens.

Sejatinya, sesi kualifikasi yang dilaksanakan Sabtu pagi, Herjun menunjukkan performa terbaik dengan mencatatkan waktu 1:52:238 dan menempatkannya di posisi kedua.

Baca juga:  Julian Johan Terjun (Lagi) di Ajang AXCR, Dapat 'Vitamin' Baru

Catatan positif juga berhasil dicetak oleh Muhammad Kiandra Ramadhipa yang menempati posisi keempat di posisi start saat kualifikasi dengan catatan waktu 1:52.812.

Sesaat setelah lampu hijau menyala, Herjun langsung memacu CBR250RR dan berhasil memimpin balapan selama 2 lap awal. Menuju lap ketiga, persaingan sengit terjadi untuk memperebutkan posisi terdepan.

Aksi saling salip tak terhindarkan, Herjun sempat terdorong ke belakang hingga posisi kelima. Selisih waktu yang sangat tipis pada barisan terdepan membuat posisi tiap pebalap sangat dinamis.

Kondisi ini dimanfaatkan Ramadhipa yang beberapa kali sempat memimpin balapan di posisi terdepan. Perjuangan duo pebalap ini berakhir dengan hasil podium ketiga yang diraih oleh Herjun. Sementara Ramadhipa menyelesaikan balapan perdananya di ARRC pada posisi kelima.

M. Adenanta Putra

Jebolan terbaik Astra Honda Racing School 2022 dan memiliki pengalaman balap di Thailand Talent Cup ini, sebelumnya meraih kemenangan fantastis di race 2 ajang Asia Talent Cup 2024 di Qatar akhir pekan lalu (10/3).

Baca juga:  Julian Johan Terjun (Lagi) di Ajang AXCR, Dapat 'Vitamin' Baru

Usai balapan, Herjun mengaku bangga dapat mempersembahkan podium di race 1 yang tergolong berjalan sangat seru ini. Beberapa kali dirinya sempat memimpin balapan, tapi ketatnya persaingan membuat dirinya beberapa kali harus kehilangan posisi.

“Sebelum akhirnya saya berhasil finish pada posisi 3 besar. Saya akan berusaha lebih keras lagi untuk bisa meraih podium kemenangan di race 2,” ujar Herjun.

Suguhan menegangkan juga disajikan pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) di kelas SS600. Berbekal posisi kualifikasi ke-11, Adenanta Putra tidak patah semangat di race pertama ini.

Adenanta pun langsung melesatkan CBR600 sesaat setelah balapan dimulai dengan menyalip 5 pebalap di depannya. Pebalap asal Magetan, Jawa Timur ini terus menyalip pebalap di depannya hingga posisi ketiga.

Aksi sengit memperebutkan posisi ini tak elak terjadi, bahkan dengan rekan setimnya sekalipun yaitu Rheza Danica Ahrens dan juga Veda Ega Pratama.

Baca juga:  Julian Johan Terjun (Lagi) di Ajang AXCR, Dapat 'Vitamin' Baru

Walaupun sempat tertahan di posisi keempat selama beberapa lap, pada lap terakhir Adenanta berhasil merebut podium ketiga dengan perbedaan waktu sangat tipis dengan pebalap di posisi keempat.

Sementara itu Rheza harus puas menyelesaikan balapan di posisi ke-6 dan Veda berhasil menyentuh garis finis pada urutan ke-8

Adenanta memaparkan di balapan pembuka ARRC tahun ini tergolong sulit baginya, dikarenakan di sesi kualifikasi terkendala permasalah teknis, sehingga tidak meraih hasil maksimal.

“Berkat kerja sama tim yang luar biasa, masalah dapat diatasi dan saya berhasil meraih podium 3. Saya akan kembali berusaha untuk bisa meraih hasil yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Race kedua ARRC Buriram akan berlanjut hari ini, Minggu (17/3), pada pukul 14.05 WIB untuk AP250 dan 14:55 WIB untuk SS600. [dp/TH]

Previous articleDaihatsu Buka DOJO Center di Dua SMK Binaan, ini Fasilitasnya
Next articleBerniat Mudik Bawa Mobil, Awasi Sektor Kaki-kakinya