Pasca Mudik Pakai Mobil, Periksa Tujuh Komponen ini

DAPURPACUID – Puncak mudik lebaran berlangsung pada dua hari ini di pekan ketiga April (14-15/4), yang dipastikan mobil bakal bekerja lebih keras agar tetap optimal menghadapi kemacetan.

Pasca menghadapi puncak arus balik, disarankan pemilik untuk memeriksakan kembali mobil usai menempuh perjalanan jauh dengan beragam kondisi di jalan.

Marketing Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara menegaskan, meski mudik Lebaran telah usai pastikan tidak ada masalah pada mobil saat digunakan beraktivitas lagi, mengingat tugas beratnya di jalan.

Dalam siaran resminya, Senin (15/4), Tara menuturkan, selain jarak tempuh, durasi berkendara yang jauh lebih lama akibat macet membuat mesin bekerja ekstra berat.

“Ditambah, muatan mobil penuh, hujan deras dan risiko masalah seperti menabrak lubang dengan kecepatan tinggi dapat menurunkan kondisi kendaraan,” jelasnya.

Penyebab Kondisi Mobil Turun Saat Mudik Lebaran

Seperti diketahui, ada jutaan orang yang melakukan mudik menggunakan transportasi darat. Alhasil, beberapa titik akan mengalami kemacetan luar biasa seperti di lokasi penyeberangan laut dan gerbang tol.

Dalam kondisi ini, mesin harus bekerja ekstra keras karena mobil berhenti sampai berjam-jam. Padahal, rute perjalanan pasti mencapai ratusan hingga ribuan kilometer tergantung tujuan mudiknya.

Dalam kondisi normal saja sudah menguras tenaga mobil, apalagi kalau sampai terkena macet parah. Hampir pasti mobil diisi penuh penumpang dan barang, serta risiko mobil kehujanan yang membuatnya semakin bekerja keras.

Tak kalah penting adalah risiko kerusakan akibat kondisi jalan yang tidak terduga, seperti menabrak lubang dengan kecepatan tinggi yang berpotensi merusak komponen kaki-kaki mobil.

Baca juga:  Hindari Tidur di Dalam Mobil dengan AC Nyala !

Atau terjadi masalah pada cairan-cairan mobil, seperti oli mesin dan radiator coolant berkurang yang dapat memicu masalah lebih besar kalau diabaikan lebih lama.

Setelah pulang ke rumah, ada baiknya lakukan langkah pengecekan beberapa komponen penting untuk memastikan tak ada masalah berarti yang dapat mengganggu kinerja mobil berikut ini:

1. Ban Mobil Bekerja Paling Berat

Posisinya yang langsung berhadapan dengan aspal atau beton jalan membuat ban harus bekerja keras di momen mudik Lebaran. Untuk itu, segera cek kondisinya begitu sampai di rumah.

Lihat tanda keausan telapak ban dan segera ganti ban jika sudah tidak layak. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

Ban mobil yang rusak akan memicu masalah besar jika diabaikan. Segera ganti ban yang bermasalah dengan memesan lewat menu Purnajual -> Aksesoris dan Kupon Servis di website Auto2000.

2. Kaki-kaki Mobil Jangan Diabaikan

Perhatikan kondisi kaki-kaki mobil dari rembesan oli, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk melihat potensi masalah yang bisa saja muncul.

Shock absorber tak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas atau robek. Waspadai kebocoran selang rem, periksa kondisi kampas rem yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil.

Baca juga:  Hindari Tidur di Dalam Mobil dengan AC Nyala !

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tugas oli mesin adalah melindungi mesin dari gesekan antar komponennya, membantu melepaskan panas mesin, serta membuang kotoran akibat gesekan antar komponen.

Siapkan tisu atau kain bersih untuk membersihkan deep stick dalam pengecekan oli mesin.

Cek takaran oli mesin lewat dipstick dan pastikan tidak kurang. Perhatikan apakah ada perubahan warnanya. Kalau sampai warnanya berubah coklat susu merupakan indikator tercampur air.

4. Cairan Rem Harus Bersih

Pastikan volume cairan rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna dan endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya. Brake fluid yang kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem.

Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor. Gunakan TMO Brake Fluid untuk menambah cairan rem yang berkurang.

5. Radiator Coolant Harus Penuh

Air radiator tidak boleh habis dengan mengecek tabung cadangannya. Periksa kebocoran pada selang dan rumah radiator karena ada kemungkinan terkena lontaran kerikil dalam perjalanan.

Pastikan pula warnanya tidak berubah apalagi sampai keruh yang wajib dikuras supaya tidak bermasalah. Gunakan TMO Radiator Coolant untuk fungsi pendingin paling optimal.

6. Periksa Cairan lainnya

Cairan mobil seperti minyak kopling (mobil manual), air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, bersama cairan power steering hidrolis wajib diperiksa kembali.

Pastikan juga volumenya tidak berkurang dan tidak ada perubahan warna. Sebab jika itu terjadi berarti ada masalah yang harus segera ditangani.

7. Bersihkan Kabin Mobil

Baca juga:  Hindari Tidur di Dalam Mobil dengan AC Nyala !

Kabin mobil pasti kotor saat mudik, terutama kalau membawa anak kecil. Gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet dan bersihkan seluruh area kabin, termasuk rongga dan celah hingga kolong untuk memastikan tidak ada kotoran tertinggal.

Lakukan servis berkala dengan berkunjung ke bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service via website. Layanan ini sudah termasuk pemeriksaan parts di atas sehingga dapat diketahui kondisi terakhir mobil.

Gunakan vakum untuk membersihkan kabin mobil agar lebih sempurna.

Segera lakukan perbaikan dan lakukan penggantian suku cadang terkait apabila terdapat kerusakan sehingga tidak membuat mobil terkendala.

Atau kalau sudah terdeteksi kerusakan saat masih di kampung halaman, jangan ragu untuk mendatangi bengkel Auto2000 terdekat untuk pemeriksaan dan perbaikan.

Servis Berhadiah Motor

Saat ini, Auto2000 menawarkan program menarik jika melakukan servis berkala di bengkel resmi Auto2000. Adapun periode program berlangsung sampai dengan Juni 2024.

Program tersebut menyediakan total 200 unit Honda BeAT yang dapat dimenangkan para pelanggan Auto2000, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku tentunya.

Syaratnya, lakukan servis berkala di bengkel Auto2000 atau order layanan THS – Auto2000 Home Service untuk memperoleh 1 nomor undian. Termasuk perbaikan bodi mobil di fasilitas Body & Paint (BP) Auto2000, dengan minimal transaksi Rp3 juta.

“Manfaatkan kesempatan membawa pulang satu unit sepeda motor matic untuk setiap servis berkala di bengkel Auto2000,” tutup Tara. [dp/TH]

Previous articleKYB Elite dan K-Alpha, Cocok Buat Maxi Yamaha
Next articlePEVS 2024 Bakal Gunakan Seluruh Area JIExpo Kemayoran