Suzuki Jimny 3-Door Terdampak Recall, ini Masalahnya

DAPURPACUID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan penarikan kembali (recall) untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan pada model SUV unggulannya yaitu Jimny 3-Door.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/4), pada kampanye Suzuki Product Quality Update tersebut terdeteksi ada permasalahan pada baling-baling pompa bahan bakarnya (fuel pump).

Adapun unit Jimny 3-Door yang diyakini terdampak program ini merupakan produksi direntang 20 November 2017 sampai dengan 29 Agustus 2019, berjumlah 448 unit.

Sejatinya, permasalahan pada komponen tersebut sudah ditemukan sebelumnya di Australia pada bulan lalu. Dan PT SIS baru menjadwalkan (recall) perbaikan pada bulan ini.

Untuk jumlah unit yang terdata oleh PT SIS terdampak terbilang lebih sedikit dibanding di Negeri Kanguru yang mencapai 726 unit, dengan rentan produksi mulai 2018-2019.

Assistant to Service Department Head PT SIS, Hariadi menuturkan, Suzuki Motor Corporation sebagai principal sudah mengumumkan adanya pemeliharaan kualitas komponen pada Jimny 3-door untuk menjaga keamanan pelanggan.

Baca juga:  Bengkel Siaga Suzuki 'Digeruduk' Konsumen Sepanjang Lebaran

“Karena Jimny yang ada di Indonesia juga merupakan bagian dari produk global, sehingga Suzuki Indonesia juga perlu turut serta dalam kampanye Suzuki Product Quality Update yang saat ini sedang berjalan,” ujarnya.

Hariadi mengimbau agar pemilik Jimny 3-door yang terindikasi terdampak guna mendapatkan pelayanan terbaik di bengkel resmi Suzuki terdekat. Suzuki bakal menghubungi mereka segera mungkin.

Berdasarkan hasil evaluasi dan investigasi yang dilakukan Suzuki ditujukan untuk melakukan pemeriksaan sekaligus penggantian terhadap komponen impeller fuel pump di tangki bahan bakar.

Jika komponen tersebut terus dibiarkan akan berpotensi mengalami perubahan bentuk atau deformasi melebihi standar ketentuan. Dampaknya, pompa bahan bakar tak berfungsi dan menyebabkan mesin mobil tersendat.

Namun, dengan penggantian komponen yang akan dilakukan oleh PT SIS di bengkel resmi Suzuki, maka dipastikan kinerja komponen tersebut dapat kembali normal.

Pemeriksaan dan penggantian komponen diklaim hanya memakan waktu 2 jam. Pemilik Jimny 3-Door cukup kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat dari kediamannya.

Baca juga:  Simak Teknik Pengereman Sepeda Motor Untuk Menghindari Kecelakaan

Seluruh pengerjaan dan penggantian komponen tidak dikenakan biaya apapun, alias gratis. Saat ini bengkel resmi Suzuki berjumlah 192 outlet, atau 48 servis poin yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia.

“Kami sangat menghargai kerja sama dan pemahaman pelanggan selama proses ini, agar dapat memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan untuk pelanggan setia Suzuki,” tutup Hariadi. [dp/TH]

Previous articlePromo Tenor Tiap Pembelian Honda BeAT Sporty CBS
Next articleMaret 2024, OMODA & JAECOO Catat Lonjakan Penjualan