Usai Liburan, Tips ini Bikin Kondisi Mobil Kembali Optimal

DAPURPACUID – Momen libur panjang pasca lebaran seperti saat ini kerap kali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bepergian bersama keluarga menuju lokasi berlibur yag asyik.

Usai menjalani momen tersebut tentunya mobil yang digunakan perlu di-‘recharge’ kembali, agar aktivitas harian terus berlanjut tanpa terkendala kendaraan yang menghambat.

Diakui, selama di perjalanan, beragam kondisi seperti kemacetan lalu lintas, variasi medan jalan, cuaca, dan hal lainnya dapat mempengaruhi kondisi mobil itu sendiri.

Dan tidak sedikit pada libur tersebut masyarakat menggunakan mobil pribadi, sementara disaat yang sama dimanfaatkan juga untuk bepergian ke kantor maupun aktivitas rutin lainnya.

Jika pemilik mobil belum sempat membawa ke bengkel resmi atau langganan seusai lebaran kemarin, bahkan dilanjutkan dengan berlibur kembali, ada baiknya disegerakan.

Oleh karena itu, Daihatsu bagikan tips untuk segarkan kembali kendaraan pelanggan agar tetap dalam kondisi prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang dan waktu yang lama.

Baca juga:  Daihatsu Ajak Komunitas Mobil dan Motor Seru-seruan di GIIAS 2024

Berikut tips pengecekan kendaraan dan perawatan mobil pasca digunakan perjalanan mudik agar aktivitas berkendara sehari-hari tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

– Ganti Oli Mobil
Sebagai pelumas penting komponen dalam mesin, periksa dan ganti oli mesin bila diperlukan sebelum pergi mudik, mulai dari oli mesin, oli gardan, oli rem, oli power steering, dan lain-lain. Pastikan pilih oli terbaik sesuai dengan spesifikasi mesin.

– Cek Kondisi Ban dan Kaki-kaki
Sebagai penggerak utama mobil, ban wajib diperhatikan kondisinya. Selain mengukur tekanan ban, spooring dan balancing penting dilakukan untuk menyeimbangkan kembali sudut-sudut roda supaya bisa berputar dengan seimbang.

Terlebih, komponen-komponen penting tersebut memiliki peran besar dalam keselamatan dan kenyamanan selama berkendara di jalan raya.

– Periksa Komponen Rem
Perjalanan panjang dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Pastikan komponen ini dalam keadaan baik, mulai dari kualitas oli rem, kondisi kampas rem dan piston rem.

Baca juga:  Daihatsu Usung Tema Seru dan Menyenangkan Bagi Pengunjung GIIAS 2024

– Filter Bahan Bakar
Ketersediaan bahan bakar di setiap stasiun pengisian bervariasi. Pastikan mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya bila perlu untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

– Ganti Air Radiator
Air radiator meredam panas pada dinding silinder ketika terjadi pembakaran dari kerja mesin. Mobil berkompresi tinggi dihimbau menggunakan air radiator khusus agar kinerja pendingin mesin lebih optimal dan mampu mencegah karat pada sela mesin.

– Periksa Aki dan Sistem Kelistrikan Mobil
Sebagai sumber daya utama kelistrikan pada mobil, baterai alias aki yang bagus akan menjaga kinerja lampu, sistem audio, serta mesin berjalan dengan optimal.

Sebaliknya, aki yang jarang dirawat atau bahkan tidak pernah di check dalam jangka waktu lama, dapat menyebabkan kinerja yang kurang maksimal atau mogok pada saat kendaraan akan digunakan.

– Lampu dan Wiper
Komponen ini dapat dirawat melalui servis rutin sebelum mudik. Jika karet wiper fungsinya tidak bekerja dengan baik, segera lakukan ganti dengan yang baru agar dapat menyapu air dengan baik dan menjaga visibilitas ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Baca juga:  Daihatsu Rilis Xenia ADS Terbaru di GIIAS 2024, Makin Sporty!

– Filter Pendingin dan AC
Mobil dengan suhu yang dingin dan sejuk memberikan kenyamanan selama perjalanan. Lakukan pengecekan filter pendingin pada AC, termasuk pembersihan kondensor dan evaporator agar kinerja AC tetap optimal.

Demikian tips merawat kendaraan pasca mudik libur Lebaran ala Daihatsu yang dapat berguna agar aktivitas sehari-hari pasca perjalanan libur mudik Lebaran tetap aman, nyaman, dan menyenangkan.

Pelanggan juga dapat memastikan kendaraannya agar selalu dalam kondisi prima dengan melakukan servis rutin atau perawatan khusus di bengkel resmi Daihatsu terdekat.

Atau dapat melalui website www.astra-daihatsu.id/services-daihatsu dan aplikasi mobile DaihatsuKu, untuk melakukan booking service terlebih dahulu. [dp/TH]

Previous articleBRI Finance Luncurkan Program “Cerdas Beli Mobil Bekas Berkualitas”
Next articleHonda Super Cub C125 Menggoda Dengan Warna Baru