Terjual 76 Ribuan Unit, Daihatsu Yakin Kuartal 2 Makin Tumbuh

DAPURPACUID – Penjualan ritel lini model Daihatsu sepanjang lima bulan pertama 2024 berhasil meraih angka 76.313 unit. Angka ini terbilang turun dibanding periode yang di 2023.

Pada periode tersebut (Januari-Mei 2023), penjualan ritel Daihatsu mampu meraih angka sebanyak 87.193 unit. Sementara pada Mei sendiri mampu membukukan penjualan 14.747 unit.

Sebagai informasi, penjualan retail otomotif nasional selama 5 bulan pertama tahun ini mencapai sekitar 361.000 unit.

Sehingga, kontribusi Daihatsu terhadap pangsa pasar otomotif nasional sebesar 21,1 persen, atau naik 0,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni 20,6 persen.

“Kami bersyukur hingga Mei 2024, Daihatsu terus mendapat kepercayaan dari pelanggan di Indonesia,” kata Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation pada siaran resminya.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan Daihatsu per Mei 2024 lalu masih didominasi oleh tiga model yaitu Astra Daihatsu Sigra Gran Max PU, serta Terios.

Baca juga:  Daihatsu Cetak Rekor Baru, Aktivitas Perawatan Berkala 1.000 KM Serentak

Rinciannya, penjualan retail Daihatsu Sigra membukukan angka 25.674 unit. Model tersebut berkontribusi sebesar 33,6 persen dari total penjualan Daihatsu.

Lalu penyumbang terbesar kedua dari penjualan Daihatsu dihuni oleh Gran Max Pick Up, dimana kendaraan komersial ini mampu terjual 17.747 unit atau 23,3 persen dari total penjualan.

Kemudian tempat ketiga diisi oleh Terios dengan raihan 9.590 unit terjual, atau berkontribusi sebesar 12,6 persen dari total penjualan Daihatsu.

Sedangkan dalam hal penjualan model Daihatsu terhadap segmennya, Sigra menempati urutan pertama dengan kontribusi sebesar 61 persen di segmen pasar LCGC MPV.

Disusul Gran Max PU sekitar 56 persen di segmen Pick Up Low dan Gran Max MB (Mini Bus) sebesar 91 persen dari pasar Low Semi Commercial dengan total penjualan 6.032 unit.

Daihatsu mengeklaim pencapaian kinerja penjualan positif ini berkat dukungan beragam program penjualan, mulai dari trade-in, kemudahan pembelian secara kredit, serta beragam layanan purna jual untuk kemudahan perawatan.

Baca juga:  Tutup Semester 1 2024, Daihatsu Sigra Terjual 30.013 Unit

“Kami terus berusaha menghadirkan beragam penawaran dan layanan terbaik kepada konsumen sesuai kebutuhannya. Semoga pasar otomotif tahun ini dapat tetap bertumbuh,” tutup Tri. [dpid/TH]

Previous articleKinerja Lini Bisnis FIF ‘Bertahan’ di Tengah Kondisi Politik
Next articleResmi Diluncurkan, All New BeAT Series Terpesan Ribuan Unit di Jakarta-Tangerang