Pebalap TGRI Sumbang Podium Ganda di Ajang Japan Cup 2024

DAPURPACUID – Haridarma Manoppo bersama Kazuhisa Urabe kembali mencatatkan kinerja positif pada seri kedua ajang balap Japan Cup 2024, di Fuji International Speedway, Jepang.

Dengan mengendarai Toyota GR Supra GT4 Evo, Haridarma dan Kazuhisa mendominasi race 1 dan berhasil meraih podium teratas ajang balap tersebut.

Sementara pada balapan kedua hanya mampu merebut podium tiga, ditengah atmosfer balapan yang sangat ketat, termasuk lintasan yang licin karena hujan.

“Selamat kepada TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) yang berhasil double podium pada Grand Touring Jepang, dengan tingkat persaingan tinggi dan kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah balap touring regional,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Bermodalkan kemenangan di race 2 Japan Cup 2024 Seri 1, TGRI memperoleh banyak input pengembangan dari para pebalap serta mempelajari kondisi dan karakter sirkuit di Jepang itu.

Hal ini dilakukan untuk memberikan improvement pada GR Supra GT4 Evo, supaya memiliki daya saing lebih baik di seri ke-2 tersebut. Kazuhisa adalah pebalap pengganti Seita Nonaka, yang mendampingi Haridarma di seri 1 harus berlaga di Super Formula Japan.

Baca juga:  Pre-booking Toyota Hilux Rangga Dimulai, Pilihan Konversi Tersedia

Pebalap berusia 19 tahun ini masuk dalam program TOYOTA GAZOO Racing Driver Challenge Racing School (TGR-DC RS), dan memiliki segudang prestasi positif.

Bahkan dirinya pernah berlaga di ajang balap ketahanan 24 jam di Sirkuit Fuji, dengan mengemudikan Toyota GR Supra. Pengalaman ini tentunya menjadi poin plus bagi Haridarma untuk bertarung lebih optimal di balap touring domestik Jepang.

Saat sesi latihan (free practice) resmi pertama dan kedua, pebalap TGRI berhasil menempatkan GR Supra GT4 Evo di posisi pertama Kelas GT4, Kamis (20/6).

Tim engineer TGRI berusaha meningkatkan performance sports car ini dan akhirnya memperoleh lap time terbaik kedua pada kualifikasi pertama dan kedua dengan catatan waktu 1 1:48.438 dan 1:47.182 (21/6).

Berbeda dari seri sebelumnya, ajang Fanatec GT World Challenge Asia 2024 dan Japan Cup 2024 dipisahkan waktu start-nya sehingga race pertama diadakan di hari Sabtu (22/6) dan race kedua di hari Minggu (23/6).

Baca juga:  Toyota New GR Yaris Versi Terbaru Meluncur di GIIAS 2024

Dengan semangat pantang menyerah, Haridarma yang melakukan start langsung berusaha mencuri posisi pertama yang juga ditempati oleh Toyota GR Supra Evo.

Akhirnya kesempatan terbuka setelah 10 menit lomba sehingga Haridarma berhasil naik ke posisi pertama yang membuat TGRI memimpin balapan sampai bendera finish dikibarkan.

Memulai race 2, bermodalkan kepercayaan diri yang tinggi, Haridarma dan Kazuhisa kembali berusaha merebut posisi pertama di tengah lintasan yang licin akibat hujan.

Kazuhisa yang tampil pertama berhasil mencuri posisi terdepan, dilanjutkan oleh Haridarma yang meneruskan pertarungan masih di tengah lintasan yang basah.

Sayangnya, keputusan untuk tetap menggunakan ban basah di lap terakhir membuat TGRI kesulitan mempertahankan posisi dan finish di urutan ketiga race 2, sekaligus mencatatkan double podium.

Dengan hasil ini, tim TGRI berhasil mengumpulkan 25 poin kemenangan di seri ke-2 ini, yang menempatkan Haridarma di urutan pertama klasemen pebalap dengan 77 poin Kelas GT4 Japan Cup 2024.

Baca juga:  TGRI Rebut Seluruh Podium MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri ke-2

Dalam dua pekan ke depan, mereka akan berlaga kembali di Suzuka International Circuit, dimana pebalap TGRI bakal melakoni seri ketiga dan berlanjut pada Agustus mendatang sebagai putaran pamungkas.

Usai balapan, Haridarma mengakui kolaborasi dengan Kazuhisa memberikan keuntungan yang unik bagi tim. Terlebih bagi tim yang memberikan input dalam meningkatkan performa GR Supra GT4 Evo.

“Berlaga di sirkuit legendaris kebanggaan Toyota ini memberikan pengalaman baru bagi saya untuk menimba ilmu sekaligus menaklukkan dengan lebih cepat dan akurat,” ujar Haridarma.

“Semoga TGRI dapat terus tampil konsisten di sisa seri Japan Cup 2024 untuk memberikan gelar juara Kelas GT4 kepada GR Enthusiast dan masyarakat pecinta balap mobil di Indonesia,” pungkasnya. [dpid/TH]

Previous articleGandeng Selebritis RI, Cargloss Helmet Rilis Produk Series Terbaru
Next articleHadiah Utama Pesta OLXmobbi Jatuh ke Pelanggan Tangerang ini