Ryan Nirwan dan Adi Indiarto Raih Podium Kejurnas Sprint Rally 2024 Seri ke-3

DAPURPACU – Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil menyumbangkan podium pertama di ajang Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024 Seri ke-3, akhir pekan lalu.

Berlangsung di Sirkuit Klipang Sidomuncul Tembalang, Semarang, Sabtu–Minggu (29–30/6), pebalap besutan tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) mampu meraih juara pertama pada kelas H2.

Pebalap TGRI mampu mengimbangi pace para rival yang menggunakan mobil berspesifikasi Rally2 satu tingkat di atasnya. Bahkan mencatatkan waktu tercepat pertama di SS (special stage) 3.

Dengan hasil tersebut menempatkan Ryan dan Adi di posisi puncak kategori H2, sekaligus tetap membuka peluang naik podium juara nasional Kejurnas Sprint Rally 2024.

Usai berlaga, Ryan mengapresiasi tim teknisi TGRI yang telah mengembangkan Toyota GR Yaris AP4, mengingat mobil sempat mengalami kendala di awal bulan ini.

“Namun mereka dapat memperbaikinya dan mobil sangat kompetitif di seri ini,” imbuh Ryan pada keterangan tertulisnya, Senin (1/7) lalu.

Baca juga:  TGRI Rebut Seluruh Podium MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri ke-2

“Kerja keras tim di track baru membuat kami sanggup beradaptasi dengan cepat agar dapat memaksimalkan segala aspek mobil ini, sehingga sukses meraih Podium Pertama Kelas H2.”

“Semoga dengan diraihnya trofi ini dapat memacu TGRI supaya mampu meningkatkan daya saing di tiga even terakhir Kejurnas Sprint Rally 2024,” jelas Ryan.

Sirkuit Klipang Sidomuncul Semarang terbilang merupakan track sprint rally baru, di mana para pebalap dituntut harus dapat beradaptasi dengan cepat pada trek sejauh 4,5 kilometer tersebut.

Terdapat 4 SS selama dua hari lomba, juga sangat variatif tingkat kesulitannya didominasi jalan kerikil naik dan turun di area perbukitan, sehingga menantang skill pebalap.

Sebelumnya di awal musim, TGRI telah melakukan reinforce chassis dan mengoptimalkan engine mapping agar lebih kompetitif saat bertarung dengan kompetitor yang satu kelas di atasnya.

Duet tim TGRI memaksimalkan performa GR Yaris AP4 yang ditebus dengan catatan waktu tercepat ketiga 04:06.9 di SS 1. Kemampuan teknisi TGRI dalam mempertahankan race performance-nya, mampu bertahan di posisi ketiga di SS 2 dengan catatan waktu 04:09.4.

Baca juga:  Pre-booking Toyota Hilux Rangga Dimulai, Pilihan Konversi Tersedia

Melakoni SS 3 dan SS 4, dengan trek berlawanan arah dari sebelumnya, pebalap dan tim TGRI kembali berusaha mencari celah pengembangan rally car dan memperkuat koordinasi di dalam tim.

Hasil positif diperoleh karena keduanya berhasil merebut posisi pertama SS 3 dengan catatan waktu tercepat 04:03.7. Sayangnya, Ryan dan Adi kurang beruntung di SS 4 sehingga hanya mencatatkan waktu 04:27.2.

Raihan ini menempatkan duo pebalap TGRI sebagai Juara Pertama Kelas H2 Kejurnas Sprint Rally 2024 Seri ke-3, dengan gap cukup jauh dengan para pesaing dikelasnya sekitar 20 detik.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengapresiasi semangat Ryan dan Adi yang tampil all-out dan sukses meraih Podium Pertama Kelas H2.

Menurutnya, meskipun Toyota GR Yaris AP4 kalah spek, namun tak menggentarkan semangat engineer TGRI untuk memaksimalkan performanya yang membuat pebalap tampil konsisten sepanjang lomba.

Baca juga:  Toyota Luncurkan T-OPT, Merek Suku Cadang Berkualitas dan Terjangkau

“Semoga hasil memuaskan ini sanggup memacu semangat TGRI untuk tampil lebih maksimal di Pertamax Turbo Kejurnas Sprint Rally 2024 seri berikutnya,” pungkas Anton. [dpid/TH]

Previous articleNETA Dukung Upaya Pemerintah RI Genjot Ekspor Mobil Listrik
Next articleBMW iX Menanti Pemenang Joycup: BMW Astra Golf Tournament 2024