Tim TGRI Punya Peluang Besar Juarai Ajang Japan Cup 2024

DAPURPACUID – Haridarma Manoppo bersama Seita Nonaka kembali mempersembahkan podium bagi tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) pada ajang Japan Cup 2024 seri ke-3.

Digelar di Suzuka International Circuit, Jepang, akhir pekan lalu (6-7/7), keduanya mampu meraih podium ganda di race 1 dan race 2 Kelas GT4 menggunakan Toyota GR Supra GT4 Evo.

Berbekal mesin 3.000 cc 6-silinder single twin-scroll turbocharger yang sudah di-upgrade performanya oleh TGR, baik Haridarma maupun Seita berhasil unggul dari para pesaing.

Berkat hasil ini, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengucapkan selamat kepada Toyota Gazoo Racing Indonesia yang untuk kali ketiga berhasil meraih double winner Juara Ketiga Kelas GT4 Japan Cup 2024 Seri ke-3.

“Semoga pembalap TGRI sanggup mempertahankan performa di seri terakhir nanti untuk mencetak sejarah baru di ajang balap touring regional bagi pebalap Indonesia,” jelas Anton dalam siaran resminya.

Baca juga:  Pre-booking Toyota Hilux Rangga Dimulai, Pilihan Konversi Tersedia

Pada balap ketahanan yang berlangsung selama satu jam plus satu putaran ini, mengharuskan mobil adalah racikan pabrikan dan dimodifikasi sesuai regulasi, sehingga seluruh peserta memiliki level performa yang setara.

Dengan konfigurasi mesin ‘asli’ pabrikan ini, di atas kertas Toyota GR Supra GT4 Evo menghasilkan tenaga 430 hp dan torsi puncak mencapai 650 Nm.

Keikutsertaan TGRI di ajang Japan Cup 2024 diagendakan dilaksanakan dalam 8 seri kejuaraan back-to-back. Kembalinya Seita ke Suzuka International Circuit terbilang menjadi semangat baru bagi tim.

Peran Seita mampu memberikan pencerahan kepada tim teknisi TGRI untuk membantu men-develop GR Supra GT4 Evo, sekaligus menjadi mentor bagi Haridarma.

Haridarma mendapat kesempatan pertama turun di race 1 dan diikuti oleh Seita beberapa lap kemudian. Dalam pertarungan yang ketat, akhirnya mereka finish di posisi ke-3 dengan total catatan waktu 1:00:32,822.

Meski start dari posisi ke-4, Haridarma dan Seita kembali berusaha menorehkan waktu terbaik. Bukan perkara mudah lantaran semua peserta Kelas GT4 memiliki performa kendaraan yang setara.

Baca juga:  Toyota Hadirkan Kendaraan Elektrifikasi Lengkap di GIIAS 2024

Perlahan, keduanya berhasil naik ke posisi ketiga hingga bendera finish dikibarkan, setelah bersaing sengit selama satu jam dengan total catatan waktu 1:01:04.248.

Haridarma mengakui dirinya tidak memiliki pengalaman balap sama sekali di Sirkuit Suzuka. Hadirnya Seita, lanjut dia, memberikan banyak masukan dalam meningkatkan performa GR Supra GT4 Evo.

“Sekaligus saya banyak belajar darinya (Seita) sehingga meraih double podium ketiga di Seri ke-3 Japan Cup 2024,” ujar Haridarma usai menerima tropi.

“Semoga TGRI tidak menemui kendala dan dapat tampil konsisten di seri terakhir Japan Cup 2024 agar dapat mempersembahkan gelar juara Kelas GT4,” pungkasnya. [dpid/TH]

Previous articleHonda Dream Cup 2024 Siap Digelar, Palopo Jadi Kota Pembuka
Next articleJuragan 99 Trans Raih 2 Rekor MURI