DAPURPACUID – Salah satu kontribusi terbesar dari eksistensi merek Daihatsu di Indonesia, didatangkan oleh para loyalis pengguna mobil itu yang tergabung dalam komunitas mobil.
Mereka, anggota komunitas berbagai model Daihatsu tersebut, terbilang cukup loyal terhadap merek lansiran Jepang itu. Bahkan, Daihatsu sudah merangkul 21 komunitas mobil dari berbagai produknya.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap komunitas mobil Daihatsu, yang akrab disapa’ Sahabat Komunitas, di ajak untuk mengunjungi booth yang berada di ICE BSD City di ajang GIIAS 2024.
Dikemas dalam acara ‘Kolaborasi Daihatsu Bersama Sahabat Komunitas’, puluhan anggota komunitas mobil Daihatsu memadati anjungan dan melihat langsung keseruan di sana.
Domestic Marketing Division Head PT Astra Daihatsu Motor, Rokky Irvayandi mengaku bersyukur dapat menjadi bagian perjalanan konsumen melalui penyediaan mobilitas di berbagai aktivitas mereka selama 46 tahun di Indonesia.
“Kami berharap Daihatsu dapat terus memberikan yang terbaik bagi pelanggan, selalu menjadi brand yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia, selaras dengan tagline kami Daihatsu Sahabatku,” jelas Rokky.
Tidak hanya komunitas mobil, Daihatsu juga mulai menyentuh klub sepeda motor sebagai target konsumennya. Untuk itu, di beberapa kali kesempatan mereka kerap kali diajak meramaikan acara yang digelar.
Seperti yang baru saja digelar pada medio Juni lalu, dimana Daihatsu menggelar even bertajuk ‘Daihatsu Kumpul Sahabat’ di area Kiara Artha Park, Bandung, Jawa Barat.
Rokky berharap melalui kolaborasi yang sudah terjalin baik selama ini dapat terus dilakukan di berbagai kegiatan positif, agar bisa berkontribusi bagi masyarakat Indonesia.
Ryan Cayo, Ketua Umum Calya Sigra Club (CALSIC) menuturkan, komunitas ini dibangun sejak 2016 berawal dari hanya memiliki sekitar 20 anggota, kini mencapai lebih dari 7 ribu anggota di seluruh Indonesia dengan jumlah 69 chapter.
Dia memaparkan, bersama dengan Daihatsu, komunitas yang dinakhodainya ini konsisten melakukan aktivitas positif seperti edukasi, pengelolaan lingkungan, kegiatan sosial, hingga beragam kegiatan lainnya.
“Sehingga, selain dapat menjaga tali silaturahmi yang lebih erat dan solid, kami bersama Daihatsu juga dapat berkontribusi dalam memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia,” tambahnya.
Hal positif lainnya juga diungkapkan oleh Ega Dolay, selaku Ketua Chapter Jakarta HVC (Honda Vario Club), yang mewakili komunitas sepeda motor.
Ega mengucapkan terima kasih kepada Daihatsu yang telah melibatkan komunitas sepeda motor untuk bisa berkolaborasi bersama, di berbagai kegiatan selama ini.
Dia pun memarkan, bahwa rangkaian kegiatan yang rutin dilakukan komunitas pengguna motor Honda Vario ini diantaranya kopdar, sharing edukasi safety riding, touring, hingga gathering.
“Sebagian dari aktivitas ini juga telah dilakukan bersama Daihatsu, sehingga hubungan silahturahmi serta networking kami menjadi lebih luas. Terlebih, mayoritas anggota kami adalah keluarga muda, yang kedepannya juga ingin bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Daihatsu,” tutup Ega.
Sebagai informasi, terdapat 21 klub mobil yang merupakan komunitas binaan Daihatsu, yakni AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club, DTC (Daihatsu Taruna Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia), CAI (Club Ayla Indonesia), serta CALSIC.
Ada juga MAXXIO (Gran Max Luxio Indonesia), TO (Taruna Owners), C2W (Classy Charade Winner), ZEC (Daihatsu Zebra Club), Sirionity (Sirion Community), TID (Terios Indonesia), ALERT! (All New Rush Terios Indonesia) dan TERUCI (Terios Rush CLUB indonesia).
Turut bergabung CCI (Ceria Club Indonesia), DXIC (Daihatsu Xenia Indonesia Club), SIC (Sirion Indonesia Club), YOI (YRV Owner Indonesia), TDI (Taft Diesel Indonesia), SICI (Sigra Club Indonesia), TCI (Terios Club Indonesia) dan RR-id (Raize Rocky Indonesia). [dpid/TH]