Kijang Innova Zenix HEV Dominasi SPK Toyota di GIIAS 2024

DAPURPACUID – Lini produk Toyota berhasil memikat pengunjung GIIAS 2024, dengan pencapaian angka pemesanan (SPK) sebanyak 6.202 unit, yang didominasi dari segmen MPV.

Kijang Innova menjadi model paling favorit hingga membukukan 1.968 unit SPK, dimana dari jumlah tersebut Innova Zenix HEV berkontribusi 75 persen dibandingkan versi gasoline sebesar 1.305 unit.

Dengan raihan yang dicapai oleh model elektrifikasi (xEV) itu, kendaraan penumpang andalan Toyota ini menjadi lokomotif lineup xEV dengan total torehan sebanyak 1.724 unit.

Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 37 persen dibandingkan total SPK xEV tahun lalu, sekaligus menjadi kontributor terbesar dari SPK selama GIIAS 2024 yaitu 31 persen.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengapresiasi kepercayaan pengunjung GIIAS 2024 yang masih menjadikan produk-produk Toyota sebagai pilihan utama mobilitas, termasuk berbagai model elektrifikasi.

“Semoga catatan penjualan yang positif ini bisa memperkuat penjualan Toyota dan berkontribusi besar pada peningkatan pasar otomotif Nasional di Semester 2 tahun ini,” tambahnya.

Baca juga:  Ryan Nirwan Raih Trophy Tertinggi Kejurnas Sprint Rally 2025 Seri ke-2

Secara rinci, total SPK yang diraih lini kendaraan elektrifikasi termasuk Hybrid EV Toyota mencatatkan 1.724 unit, atau 27% dari total perolehan SPK Toyota. Komposisi ini meningkat 5% dari even serupa tahun lalu.

Setelah Innova Zenix HEV, model xEV lainnya yakni All New Yaris Cross HEV sebanyak 240 unit. Komposisi SPK keduanya mencapai lebih dari 75% dari total sales All New Kijang Innova Zenix dan All New Yaris Cross selama 11 hari pameran.

Disusul Alphard HEV dengan SPK sebanyak 121 unit bersama saudara kembarnya All New Vellfire HEV 25 unit, serta New Corolla Cross HEV sebesar 23 unit.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy memaparkan, saat ini teknologi hibrida masih menjadi opsi solusi mobilitas yang sangat relevan dan cocok digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

Karena itu, lanjut Anton, HEV Toyota dapat mendominasi penjualan di GIIAS 2024, mengingat pelanggan bisa berperan dalam mengurangi emisi tanpa perlu repot merubah kebiasaan mobilitasnya.

Baca juga:  Astra dan Toyota Perkuat Kemitraan di Bisnis Mobil Bekas

“Berkat opsi yang semakin lengkap, kami berharap pasar kendaraan xEV Toyota termasuk Hybrid EV terus tumbuh untuk menyediakan lebih banyak cara mewujudkan netralitas karbon,” pungkas Anton.

Sementara untuk model Toyota lainnya yang menyumbangkan pencapaian positif Toyota sepanjang GIIAS 2024 diantaranya dari dua low MPV Avanza dan Veloz, dengan perolehan 1.395 unit.

Selain penjualan positif, GIIAS 2024 kembali memberikan penghargaan kepada booth Toyota sebagai Favorite Booth Passenger selama 2 tahun berturut-turut dengan luas area lebih dari 2.500 m2.

Hilux Rangga Terpesan Ratusan Unit

Seperti diketahui, Toyota Astra Motor telah memulai rangkaian pemesanan pre-booking untuk Hilux Rangga pada GIIAS tahun ini, sebelum peluncuran resminya yang diklaim tidak lama lagi.

Tak hanya itu, disediakan juga unit Hilux Rangga model flat deck di area test drive. Uniknya, kedua unit tersebut telah ditambahkan beban seberat 1,2 ton.

Baca juga:  Astra dan Toyota Perkuat Kemitraan di Bisnis Mobil Bekas

Selama 11 hari pameran, pihak Toyota mampu membukukan pemesanan untuk Hilux Rangga hingga menyentuh angka lebih dari 450 unit. [dpid/TH]

Previous articleWahana Honda Ajak Anggota Komunitas Tengok GIIAS 2024
Next articleDeltalube Donasi Motor Injeksi Demi Tingkatkan Vokasi Industri Otomotif