DAPURPACUID – PT Suzuki Indomobil Sales, sebagai produsen otomotif terkemuka di Indonesia menyadari betapa pentingnya memberikan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Tanah Air.
Suzuki pun menegaskan bahwa kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas utama. Maka dari itu, Suzuki tidak hanya menyajikan beragam pilihan produk berkualitas saja.
Pelayanan purna jual untuk perawatan kendaraan konsumen tetap apik, nyaman dan aman selama digunakan, juga terus ditingkatkan tiap tahunnya secara berkesinambungan.
Produsen otomotif yang bermarkas di Pulo Gadung Jakarta Timur itu terus mempertahankan komitmennya dalam memberikan pelayanan purna jual yang prima.
Suzuki pun terus berupaya memberikan kemudahan dan menghadirkan solusi terhadap kebutuhan mobilitas masyarakat secara menyeluruh melalui berbagai program aftersales.
Pabrikan asal Jepang itu mencatat, pertumbuhan Service Activity sebesar 2,4% per tahun sejak 2020 turut didukung dengan 191 outlet Bengkel Resmi (BeRes) dan 52 outlet Service Point di seluruh Indonesia.
Jumlah outlet sebanyak itu dan tersebar di seluruh Tanah Air mencakup kota dan kabupaten di seluruh provinsi Indonesia, membuat Suzuki mudah dijangkau dan berikan kemudahan untuk seluruh masyarakat.
Nilai tambah dari layanan purna jual tersebut menjadi faktor yang patut diperhitungkan oleh pelanggan, baik yang membeli mobil baru di diler maupun pada pameran otomotif seperti GIIAS, yang baru saja usai pada 28 Juli 2024 lalu.
Tidak hanya jumlah outlet resmi yang tersebar merata di seluruh Indonesia, program purna jual yang ditawarkan juga memberi kenyamanan ekstra untuk konsumen.
“Selain layanan purna jual seperti Bengkel Resmi dan Halo Suzuki 24 Jam di nomor 0800-1100-800, Suzuki juga menjangkau berbagai kebutuhan perawatan pelanggan lewat cara lain seperti Service Point Outlet, Home Service, Moving Service dan Fleet Service,” kata Hariadi, Asst. to Dept. Head Service PT SIS, dalam keterangannya, beberapa waktu lalu.
Layanan Kunjungan Konsumen
Sementara untuk kaum urban yang memiliki kesibukan dan tidak punya waktu untuk perawatan kendaraan di BeRes, dapat memanfaatkan salah satu bentuk layanan yaitu Home Service.
Suzuki melihat kebutuhan pelanggan mendapatkan kemudahan dan kepraktisan juga menjadi prioritas yang harus dijaga dengan baik. Layanan ini sendiri telah digulirkan oleh Suzuki sejak 2015.
Dan semakin masif penggunanya saat adanya pembatasan mobilitas masyarakat kala pandemi yang terjadi di 2020. Adapun layanan Home Service yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan servis berkala 1.000 km, 5.000 km dan per 10.000 hingga 20.000 km.
Tidak hanya perbaikan ringan, ganti baterai, atau ganti pelumas, tetapi juga menangani perbaikan yang dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 120 menit atau 2 jam.
Sebagai contoh, jika kendaraan mengalami masalah di lokasi, layanan ini akan melakukan pemeriksaan awal dan melakukan perbaikan jika memungkinkan dalam waktu singkat.
Namun, untuk perbaikan yang lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam, kendaraan akan dirujuk ke BeRes untuk penanganan lebih lanjut.
Untuk setiap armada Home Service mampu menangani 3 hingga 4 lokasi yang berjarak sampai dengan 15 km dalam sehari, didampingi oleh tim mekanik berpengalaman.
Salah satu keistimewaan dari layanan tersebut adalah tidak adanya biaya tambahan yang dikenakan kepada konsumen, di luar dari kebutuhan perawatan yang dilakukan.
Seluruh layanan dan biaya yang diberikan melalui layanan Home Service sepenuhnya sama dengan daftar harga yang berlaku di BeRes, tanpa adanya penambahan biaya kunjungan.
Selain itu, Suzuki juga menetapkan garansi yang sama dengan garansi di BeRes yaitu garansi pekerjaan hingga 500 km/14 hari kerja, garansi spare parts hingga 20.000 km/1 tahun.
Semua layanan tersebut tidak menggugurkan garansi kendaraan 3 tahun/100.000 km, selama mengikuti jadwal perawatan berkala. Suzuki juga terus menguatkan layanan digital demi kepuasan konsumen.
Upaya memberikan pelayanan yang optimal melalui layanan inilah yang membuat pelanggan dapat dengan mudah menggunakan layanan Home Service, sebagai alternatif lain selain menghubungi Halo Suzuki.
Untuk mendapatkannya, pelanggan hanya perlu mengakses website di www.suzuki.co.id dan melakukan booking di laman tersebut dan meng-klik fitur ‘Service Mobil’.
Berdasarkan data yang dipantau PT SIS per Agustus 2023, sekitar 61 persen dari total service outlet Suzuki atau 123 outlet berada di 60 kota besar dan menengah. Sedangkan 39 persen lainnya yaitu 79 outlet tersebar di 75 wilayah sub-urban.
Pengembangan Layanan ke Pelosok
Lalu sebanyak 12 persen pelanggan di wilayah urban dan 12 persen pelanggan di wilayah sub-urban belum melakukan servis rutin di BeRes Suzuki, sehingga ada potensi servis harus dipenuhi melalui bentuk layanan lain, yaitu Service Point Outlet, Home Service, Moving Service dan Fleet Service.
Bagi pelanggan kendaraan niaga ringan juga tak perlu khawatir. Melengkapi keberadaan BeRes Suzuki, disediakan 52 outlet Service Point Outlet yang menjadi pengembangan jaringan agar dapat menjangkau daerah luar perkotaan yang didominasi unit komersial, seperti New Carry, namun tetap bisa menerima unit kendaraan penumpang.
Masih untuk menjangkau pelanggan yang berada di pelosok, SIS juga menyediakan Moving Service, di mana Suzuki bisa menyambangi wilayah seperti perkebunan atau pedesaan, yang berjarak lebih dari 30 km atau membutuhkan durasi berkendara lebih dari 1 jam untuk bisa sampai ke BeRes terdekat.
Selain itu, Suzuki juga memfasilitasi pelanggan dalam kategori perusahaan melalui layanan Fleet Service, dimana terdapat kondisi seperti banyaknya unit inventaris milik perusahaan-perusahaan yang menggunakan mobil Suzuki dan mobilitasnya tinggi sehingga memerlukan perawatan yang rutin dan tepat.
Nanti tim mekanik BeRes Suzuki akan menyambangi pelanggan sesuai kebutuhan dan kategori layanan di atas. Satu hal penting lainnya adalah ketersediaan spare parts asli yang lebih awet dan berkualitas.
Suzuki menjamin spare parts fast moving akan selalu tersedia sehingga tidak perlu menunggu lama (inden). Melalui MySuzuki hadir menjadi solusi digital pembelian spare parts original Suzuki bagi pelanggan seluruh Indonesia.
Aplikasi tersebut mencakup layanan pembelian spare parts, aksesoris, genuine oil & chemical, hingga layanan booking service secara online.
Berkat kelengkapan layanan yang ditawarkan pada aplikasi MySuzuki, kemudahan transaksi dan kepastian kedatangan spare parts pesanan pelanggan dapat dilacak sekaligus dalam satu aplikasi pintar.
Christiana Yuwantie, Spare Parts Dept. Head PT SIS mengatakan, Suzuki berusaha menjawab kebutuhan pelanggan dan mengikuti arus perkembangan teknologi melalui kehadiran aplikasi MySuzuki.
Sehingga pelanggan semakin terbantu terutama dalam hal pembelian spare parts, termasuk kemudahan dalam layanan booking servis rutin di BeRes Suzuki terdekat.
“Tak hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, teknologi digital juga memproses permohonan pembelian spare parts atau servis secara cepat kepada jaringan outlet Suzuki terdekat yang akan siap melayani kebutuhan pelanggan,” tutur Christiana.
Di sisi lain, Suzuki juga menjamin kenyamanan konsumen saat memiliki mobil. Seluruh lininya dilindungi garansi produk yang mencakup kerusakan akibat cacat material atau kesalahan produksi.
Nantinya perbaikan maupun penggantian suku cadang bakal ditanggung pabrikan sepenuhnya. Artinya pelanggan tak perlu mengeluarkan dana. Masa berlakunya cukup panjang, hingga 36 bulan atau unit sudah menempuh jarak 100 ribu km (mana tercapai lebih dulu). Dan dapat diklaim di seluruh jaringan Suzuki.
Sementara bagi semua pemilik kendaraan elektrifikasi Suzuki seperti Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid dan Grand Vitara Hybrid, SIS menjamin garansi baterai selama 8 tahun atau pemakaian sejauh 160.000 km.
Hadirnya seluruh jaminan ini bisa menambah rasa tenang konsumen soal penggunaan baterai selama memiliki tiga kendaraan ramah lingkungan tersebut. [dpid/ADV]