DAPURPACUID – Toyota lewat tiga model elektrifikasinya berhasil meraih penghargaan di kategori berbeda pada ajang Jawa Pos 7 Most Popular Brand of The Year 2024, Selasa (3/9).
All New Kijang Innova Zenix memperoleh penghargaan Kategori Otomotif (Passenger Cars), sementara All New bZ4X dan Lexus RZ450e meraih penghargaan di Kategori Otomotif (EV).
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengapresiasi diraihnya penghargaan tersebut untuk kedua produk andalan Toyota di kategori berbeda.
“Mengusung DNA Toyota Kijang, All New Kijang Innova Zenix langsung memikat hati keluarga Indonesia khususnya dengan adanya pilihan Hybrid EV yang ultra low emission,” ujarnya dalam siaran resmi, Rabu.
“Kami juga mengapresiasi perhatian besar masyarakat terhadap Battery EV Toyota bZ4X dan Lexus RZ450e, sehingga upaya menuju netralitas karbon dengan cara yang paling memungkinkan, dapat dijalankan oleh pelanggan dengan lebih mudah dan berkelanjutan,” jelasnya.
Dengan diraihnya penghargaan itu merupakan bukti bahwa eksistensi kendaraan keluarga Toyota yang telah dirintis Toyota Kijang sejak 1977, terus menjadi top of mind masyarakat hingga generasi ke-7.
Disebutkan, kontribusi Innova Zenix HEV terlihat dari whole sales mencapai 27.705 unit pada 2023, yang turut meningkatkan penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota dari 4.436 unit (2022) menjadi 37.736 unit (2023).
Pada semester pertama 2024, Toyota memimpin pasar dengan penjualan 15.017 unit disegmen xEV, menyumbang 40% pangsa pasar elektrifikasi nasional, dimana produk-produk HEV menjadi kontributor terbesar.
Sejalan Multi Pathway Strategy, All New bZ4X sebagai mobil listrik produksi massal pertama Toyota, juga diklaim telah menjadi ikon kendaraan elektrifikasi (xEV).
Sehingga popularitasnya terus menanjak naik bersama Lexus RZ450e, yang merupakan luxury model Lexus pertama yang didedikasikan khusus sebagai Battery Electric Vehicle (BEV).
TAM telah menyediakan ekosistem xEV yang lengkap dengan jaringan diler di seluruh Indonesia, termasuk fasilitas charging station gratis di berbagai lokasi strategis, rest area Jalan Tol Trans Jawa dan beberapa mal besar.
Ditawarkan juga program T-CARE dengan Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang), hingga servis berkala ke-6 (maksimal 4 tahun/50.000 km, mana yang tercapai dahulu).
Terdapat juga extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km dan garansi baterai selama 8 tahun atau 160.000 km, sebagai komitmen Toyota mendukung netralitas karbon.
Anton menuturkan, diraihnya penghargaan ini menunjukkan bahwa produk Toyota khususnya kendaraan elektrifikasi, telah menjadi pilihan utama masyarakat karena memberikan solusi mobilitas yang andal.
“Respon positif ini menginspirasi kami untuk menghadirkan ever-better cars yang eco friendly dan membawa nilai-nilai rintisan Toyota sejak 50 tahun lalu, yang terbukti andal dan sanggup memenuhi kebutuhan masyarakat dari generasi ke generasi,” pungkasnya. [dpid/TH]