Motor Matic “Gredek”? Bisa Jadi Tanda Kampas Ganda Motor Aus

sumber foto: www.wahanahonda.com

DAPURPACUID – Masih banyak pengguna sepeda motor yang membiarkan kampas ganda motor matic mereka dalam keadaan aus/habis, terutama bagi motor yang usia pemakaiannya sudah di atas 3 tahun.

Sering terjadi pemilik motor datang ke bengkel dengan kondisi kampas ganda yang sudah habis total atau rata dengan rumahnya, padahal jika ketebalannya sudah turun sekitar 1 mm saja, sudah bisa menimbulkan efek negatif, terutama bisa menyebabkan kampas ganda slip dan munculnya gejala “gredek” alias getaran mesin saat akselerasi. Hal ini sering dijumpai pada area CVT skuter matik.

Efek terburuk jika dibiarkan, bisa membuat mangkoknya juga aus. Mangkok kampas ganda yang ikut termakan akan membuat biaya penggantian part baru menjadi lebih mahal, karena kampasnya sendiri bisa dibeli terpisah. Selain itu, ada bahaya lain yang mengancam, yakni per kecil atau per sentrifugalnya menjadi rawan patah. Jika motor sudah mogok dan ditambah per-nya patah, serta baru dibawa ke bengkel, biaya perawatannya bisa jadi double.

Apa sesungguhnya fungsi Kampas Ganda? inilah fungsi kampas ganda pada motor matic:
1. Membuat Motor Bergerak
Kampas ganda berfungsi menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang secara sentrifugal. Ini berfungsi seperti kampas kopling pada motor bebek yang menyalurkan tenaga agar motor bisa bergerak.

Baca juga:  Mau Touring? Jangan Lupa Service Motor Anda Sebelum Berangkat

2. Menentukan Akselerasi
Fungsi lainnya adalah menentukan akselerasi dan kenyamanan berkendara. Ketika kampas ganda aus, mesin hanya meraung tanpa mengeluarkan tenaga saat RPM tinggi, maka gaya sentrifugal pada kampas ganda akan menekan rumah kopling semakin tinggi. Selanjutnya, motor matic berakselerasi menyalurkan tenaga dari putaran mesin.

3. Mengontrol Transmisi
Kampas ganda motor matic juga meningkatkan kontrol saat melakukan perpindahan gigi sekaligus mengamankan transmisi dari kerusakan akibat perpindahan yang tidak tepat.

Lalu apa Ciri-ciri kampas ganda sudah aus dan harus di ganti? Inilah ciri-ciri kampas ganda sudah aus dan harus diganti:
1. Tarikan Terasa Berat
Kampas ganda yang mulai aus membuat tarikan motor terasa berat ketika membawa beban. Ini membuat akselerasi atau tarikan motor lemah. Kampas ganda motor matic yang normal hanya membutuhkan waktu 10 detik untuk mencapai kecepatan 120 km/jam.

2. Gas Terasa Brebet
Jika gas terasa brebet, bisa jadi kampas ganda motor kamu sudah mulai aus. Saat motor digeber, kampas ganda yang aus membuat tuas dan RPM tidak sinkron, sehingga terdengar suara yang berat, tidak sesuai dengan tarikan tuas gas.

Baca juga:  Jangan Sepelekan Area Blind Spot Saat di Jalan Raya

3. Kopling Sering Terselip
Kampas ganda yang bermasalah membuat kopling sering terselip, terutama ketika motor digeber atau saat naik tanjakan curam. Namun, pada kondisi lain, ini mungkin juga terjadi karena oli mesin yang lama tidak diganti, sehingga menjadi cepat aus.

4. RPM Tiba-tiba Semakin Tinggi
Jika RPM tiba-tiba tinggi namun akselerasi lemah, mungkin terjadi akibat kampas ganda yang licin. Sebagai contoh, kecepatan 50 km/jam idealnya membutuhkan putaran 5.000 RPM. Namun, jika kampas mulai aus, putaran mesin membutuhkan 8.000 RPM.

5. Kick Starter Loss
Saat memanaskan motor matic, lebih baik memakai kick starter daripada tombol starter elektrik untuk menjaga performa kelistrikan. Jika kamu menginjak kick starter, tetapi terasa loss, maka kemungkinan kampas motor matic yang mulai aus.

Lantas, apa saja yang menyebabkan kampas ganda cepat aus? Berikut ini beberapa penyebabnya:
1. Sering Melintasi Jalan Menanjak
Ketika motor matic sering melintasi jalanan menanjak atau turunan, maka kampas akan cepat aus. Saat menanjak, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, akibatnya kampas jadi termakan setengah.

Baca juga:  Kapan Waktu Yang Tepat Mengganti Oli Motor Matic?

2. Sering Membawa Beban Berat
Ini juga bisa terjadi karena motor kamu sering digunakan untuk membawa beban berat melebihi kapasitas yang dianjurkan. Ini membuat v-belt semakin berat, sehingga menyebabkan kampas aus dan v-belt cepat retak.

3. Sering Berkendara di Kemacetan
Sering menahan gas saat motor berhenti pun menyebabkan kampas ganda cepat aus karena kampas bergesekan dan menahan rumah komponen tersebut supaya ban motor tidak bergerak. Ini terjadi misalnya saat berkendara di kemacetan. Maka lebih baik kamu mengerem jika harus berhenti di jalan miring.

Oleh karena itu, jangan pernah membiarkan kampas ganda motor menjadi aus sebelum diperbaiki, jadwalkan perawatan motor secara rutin di bengkel AHASS agar seluruh fitur dan komponen sepeda motor, termasuk ban, tetap bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk fleksibilitas waktu dalam melakukan service. [dpid/TH]

Previous articleBahaya Semprot Throttle Body (TB) Cleaner Lewat Lubang Filter
Next articleBegini Cara Suzuki Mengembangkan Produk SUV Terbaik di Dunia