DAPURPACUID – UD Trucks Indonesia berhasil mencatatkan pencapaian gemilang di 2024 dibanding tahun sebelumnya, ditengah lesunya pasar segmen heavy duty truck di Tanah Air.
Diklaim pada pasar kendaraan niaga yang dihuni pabrikan truk asal Jepang tersebut di tahun ini mengalami penurunan hingga mencapai 20 persen, yang diakibatkan kondisi perekonomian.
Meski begitu, penjualan lini truk UD Trucks mampu membukukan lebih dari 1.800 unit sepanjang periode Januari – November 2024. Bagi perusahaan, hasil ini merupakan tonggak sejarah luar biasa.
Hal itu diungkapkan oleh Presiden UD Trucks Indonesia, Toshi Odawara, yang mengakui hasil ini menunjukkan komitmen terhadap inovasi, solusi berfokus ke pelanggan dan termasuk keunggulan operasional.
“Pencapaian tersebut merupakan bentuk kontribusi UD Trucks dalam meningkatkan industri logistik Indonesia menjadi lebih efisien dan sukses,” imbuhnya disela temu media di Jakarta, Selasa (10/12).
Adapun pencatatan positif lainnya yaitu diluncurkannya model Quester dengan transmisi manual otomatis (AMT) ESCOT, bersamaan dengan partisipasinya di pameran GIIAS lalu.
Hadirnya truk ini menjawab kebutuhan akan efisiensi bahan bakar, kenyamanan pengemudi dan produktivitas operasional di sektor logistik dan pertambangan Indonesia yang penuh tantangan.
Prestasi lain yang ditorehkan tahun ini yaitu perwakilan UD Trucks Indonesia berhasil meraih kemenangan pada dua kompetisi global, UD Trucks Extra Mile Challenge dan UD Gemba Challenge 2024 di Jepang.
Pada kompetisi UD Extra Mile Challenge 2024 (Oktober), Taufiqul Ulum dari PT Cakraindo International berhasil menjuarai ‘Ultimate Driver’ di kategori Quester. Termasuk meraih penghargaan The Most Fuel-Efficient Award.
Sementara untuk UD Gemba Challenge 2024 (November), tim Astra International UD Trucks Sales Operation, ‘Great Mates’ mampu keluar sebagai pemenang untuk kategori Quester.
Dengan diraihnya kedua prestasi positif tersebut menunjukkan keterampilan intensif, kerja sama tim dan dedikasi dalam menjaga truk para pelanggan tetap beroperasi.
“Kemenangan para peserta Extra Mile Challenge dan Gemba Challenge tidak hanya menunjukkan keterampilan, tetapi juga semangat dan ketahanan komunitas truk Indonesia,” tandas Odawara.
Di sisi lain, Chief Executive Office Astra UD Trucks, Winarto Martono menambahkan, pencapaian gemilang pengemudi dan mekanik Indonesia di kedua ajang internasional itu mencerminkan keberhasilan membangun ekosistem yang kokoh.
Sekaligus pengemudi terampil, berkendara dengan aman dan komitmen terhadap keselamatan berlalu lintas, serta didukung mekanik andal yang memastikan truk memiliki daya tahan tinggi dan produktivitas optimal.
“Layanan purna jual yang lengkap dan andal memberikan ketenangan bagi pengusaha untuk menjalankan bisnis secara optimal dan berkelanjutan,” pungkasnya.
Untuk rencana ke depan, khususnya di 2025, UD Trucks Indonesia tetap berkomitmen untuk berkontribusi dalam membangun ekonomi dan industri logistrik Indonesia, dengan menyediakan truk dan layanan yang dibutuhkan.
Dari sisi produk, UD Trucks juga akan mengumumkan produk-produk menarik dan selaras dengan kebutuhan industri. Termasuk mempersiapkan jajaran model ESCOT lainnya yang akan diperkenalkan tahun depan. [dpid/TH]