Mengenal Diamond Sense, Fitur Keselamatan Terbaru Mitsubishi Xforce

DAPURPACUID – Sebagai varian terbaru sekaligus tertinggi di jajaran Mitsubishi Xforce, Xforce Ultimate DS telah dilengkapi dengan teknologi ‘Diamond Sense’.

Teknologi ini merupakan perangkat fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir bagi pengemudi, yang lebih lengkap dari varian sebelumnya, yakni Mitsubishi Xforce Ultimate.

Sekaligus kembali menjadi penanda komitmen Mitsubishi Motors yang telah hadir hampir 55 tahun di Indonesia, untuk terus menghadirkan produk dan layanan terbaik yang relevan bagi konsumen. 

Sejatinya, varian baru ini telah berbagi konsep produk, fitur dan spesifikasi umum dengan tipe Xforce Ultimate, sebagai model teratas saat itu.

Di sisi lain, varian Xforce Ultimate yang ada saat ini sudah sangat cukup secara fitur dan value for money. Sehingga seluruh varian Mitsubishi Xforce sesuai dengan masing-masing segmennya.

Sehingga hadirnya Mitsubishi Xforce Ultimate Diamond Sense (DS) menjadi pilihan bagi konsumen yang memiliki preferensi mobil dengan fitur bantuan keselamatan terintegrasi mutakhir untuk pengemudi yang lebih lengkap.

Teknologi Diamond Sense sendiri merepresentasikan pendekatan lebih lanjut Mitsubishi Motors terhadap keselamatan hingga fitur bantuan terhadap pengendara. 

Di dalamnya menyertakan teknologi yang cocok dan didesain memberikan kesadaran tingkat tinggi, perlindungan dan dukungan pengendaraan baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Secara umum pengkategorian teknologi Diamond Sense dilakukan berdasarkan elemen-elemen seperti awareness, protection, serta driving support. 

Teknologi tersebut bekerja dengan memanfaatkan Mono Camera, Sensor Radar di depan dan belakang, serta Ultrasonic Parking Sensor, yang memungkinkan beragam fitur pada teknologi.

Jadi, keistimewaan utama pada Mitsubishi Xforce Ultimate DS ini yakni terletak pada teknologi Diamond Sense, yang tidak lain adalah fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) lebih lengkap.

Hal itu ditegaskan oleh General Manager of Product Strategy Division MMKSI, Guntur Harling, yang menuturkan teknologi ini merepresentasikan pendekatan lebih lanjut Mitsubishi Motors terhadap keselamatan pengemudi dan penumpang.

Diamond Sense sendiri adalah penamaan khusus, dimana dari principal sendiri dinamakan Mitsubishi Safety Sense. Guntur memaparkan, setiap region diberikan keleluasaan untuk penamaannya. 

Untuk penamaan Diamond Sense selain digunakan di Indonesia, juga digunakan di Thailand. Untuk varian terbaru ini, MMKSI membanderolnya dengan harga Rp422,9 juta OTR Jakarta.

“Fitur ini bisa digunakan pada unit lain, seperti yang sudah ada saat ini di All-New Triton dan Pajero Sport. Tidak menutup kemungkinan fitur ini disematkan di unit-unit lain ke depannya,” tambah Guntur.

Mitsubishi Xforce Ultimate DS hanya tersedia dalam pilihan transmisi CVT, dan menawarkan enam pilihan warna yaitu Graphite Gray two-tone, Energetic Yellow two tone, Quartz White Pearl two tone, Blade Silver two tone, Red Metallic two tone dan Jet Black mica.

Teknologi ‘Asisten’ Pengemudi di Jalan

Diamond Sense merepresentasikan pendekatan lebih lanjut Mitsubishi Motors terhadap keselamatan dan bantuan terhadap pengemudi, melalui fitur-fitur yang ada didalamnya. 

Fitur-fitur ini memungkinkan beragam fitur pada teknologi ‘Diamond Sense’ bekerja, yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC) with low speed follow dan Automatic High Beam (AHB).

Terdapat juga Forward Collision Mitigation (FCM), Lead Car Departure Notification System (LCDN), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Auto Headlight, Auto Rain Sensor, serta Rear Camera.

Selain itu, Mitsubishi Motors masih membenamkan empat mode berkendara dan Active Yaw Control (AYC), seperti pada varian sebelumnya untuk menambah keamanan selama berkendara.

Doni, satu dari pemilik Mitsubishi Xforce Ultimate with Diamond Sense asal Jakarta menegaskan, dirinya suka dengan Mitsubishi dibanding merek lain, karena performanya tangguh dan feature yang cukup lengkap.

Pria yang meminang Mitsubishi Xforce Ultimate DS ini mengaku, sebelumnya dia masih menunggu unit yang dijual di Filipina, karena infonya akan diluncurkan di Indonesia. 

“Ternyata benar, jadi saat launching langsung saya beli. Namanya Xforce Ultimate with Diamond Sense. Untuk fitur yang saya suka adalah drive mode, karena cocok dengan semua kontur jalan yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Doni juga kagum pada fitur Adaptive Cruise Control untuk menghadirkan kenyamanan saat perjalanan jauh. “Fitur Adaptive Cruise Control sangat membantu saat perjalanan jauh terutama di tol,” tandasnya.

Eksterior Mitsubishi Xforce Ultimate DS masih mempertahankan konsep silky & solid, serta identitas desain New Generation Dynamic Shield, namun memiliki perbedaan dengan dua tipe pendahulunya.

Khusus varian ini disematkannya warna eksterior two-tone, dengan bagian atap berkelir hitam, serta penambahan Rear Spoiler dan juga Fashionable Roof Rail.

Terdapat pada varian Ultimate DS, juga di tipe Ultimate, seperti Ground Clearance 222 mm, Well-Tuned Suspension, plus Easy Handling, radius putar yang minim (5,2 m).

Sementara di interior dan fitur-fiturnya, Xforce Ultimate DS memiliki kesamaan pada tipe Ultimate, dengan sorotan pada top-class roominess plus ruang kabin terluas dikelasnya.

Terdapat 8-steps reclining seat (17˚ – 33˚), Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3” Audio Head Unit dengan konektivitas wireless Android Auto dan Apple Carplay, serta Dynamic Sound Yamaha Premium Audio dengan 8 speakers.

Ada 8 inci Meter Cluster, Top-class Cargo Space dengan beragam ruang penyimpanan serbaguna, Hands-free Power Liftgate plus kick sensor, Dual-Zone Auto Climate Control plus teknologi Panasonic Nanoe-X™️ dan fungsi memori.

Kemudian Floor Console Box plus Armrest & Cooling Function, Auto-Dimming Rearview Mirror, Wireless Charger, Assist Grips x4, Tonneau cover, Coin box, Horizontal axist instrument panel dengan floating console dan ambient lighting, serta Connected Car Service. [dpid/ADV]

Previous articleUji Bridgestone Turanza 6, Tetap Nyaman di Jalan Aspal dan Beton
Next articleBegini Lho Posisi Ideal Berkendara Menggunakan Sepeda Motor