DAPURPACUID – PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menggelar pelatihan Community Safety Riding Advisor (CSRA) untuk para anggota beberapa komunitas sepeda motor Honda.
Berlangsung di Safety Riding Center, Jatake, Tangerang, Sabtu (13/4), kegiatan ini diikuti sekitar 40 peserta dari Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) dan Asosiasi Honda Motor Tangerang (AHMT).
Kegiatan yang terus digagas oleh Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, ini merupakan bagian dari komitmen mewujudkan budaya berlalu lintas yang aman.
Di sisi lain, program ini merupakan bagian dari kampanye berkelanjutan Honda untuk menanamkan kesadaran berkendara aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jalan.
Melalui program CSRA tersebut, komunitas tidak hanya menjadi pengguna tetapi juga diharapkan sosok pendidik dan panutan dalam keselamatan berlalu lintas.
Tak hanya itu, program pelatihan tersebut juga memperkuat posisi komunitas sepeda motor Honda sebagai Brand Ambassador Safety Riding di tengah masyarakat.
Community Development PT WMS, Agus Sigit Wicaksono mengatakan, melalui program CSRA ini pihaknya ingin membentuk komunitas yang tidak hanya solid dalam kebersamaan.
“Juga punya kontribusi positif terhadap masyarakat sekaligus memiliki peran untuk terus mengampanyekan keselamatan berkendara,” tuturnya dalam siaran resmi, Rabu (16/4).
Selain itu, para peserta yang telah lulus pelatihan diberikan kesempatan untuk bisa memberikan edukasi keselamatan berkendara di komunitas masing-masing.
Dengan begitu efek edukasi safety riding sekaligus kampanye #Cari_aman tidak berhenti pada satu pelatihan, namun menyebar luas ke berbagai wilayah melalui komunitas.
Dalam pelatihan ini, peserta dibekali dengan pengetahuan teori seperti teknik pengereman yang tepat, posisi berkendara ideal, hingga pemahaman potensi bahaya di jalan.
Sementara pada sesi praktik pun tak kalah penting, di mana peserta juga diuji kemampuan teknik dasar hingga keterampilan antisipatif saat berkendara.
Head of Safety Riding Promotion PT WMS, Agus Sani menuturkan, program pelatihan CSRA adalah bagian penerapan safety riding dalam berkendara demi mewujudkan Safety Indonesia.
“Para anggota komunitas motor Honda adalah garda terdepan kami dalam mengampanyekan #Cari_aman. Mereka punya pengaruh besar,” jelas Agus lebih lanjut
Melalui CSRA, diharapkan tercipta sinergi antara PT Astra Honda Motor bersama main dealer sepeda motor Honda juga komunitas demi ciptakan budaya keselamatan berkendara.
Pelatihan CSRA menjadi langkah konkret mendukung pencapaian visi AHM untuk mewujudkan Safety Indonesia, melalui kontribusi nyata dari komunitas motor.
Dengan semangat kolaboratif tersebut diyakini perubahan budaya berkendara aman dan nyaman bisa dimulai dari komunitas yang teredukasi dan peduli. Mereka adalah representasi yang mengedepankan keselamatan, kebersamaan, dan semangat positif.
Program ini juga menjadi penguat kampanye ‘Bangga Menjadi Generasi Cari_Aman’, yang terus digaungkan oleh Honda di berbagai lini. Dengan membekali komunitas sebagai penggerak utama, kampanye ini menjadi lebih relevan dan dekat dengan masyarakat.
Melalui berbagai inisiatif, termasuk CSRA, Wahana ingin memastikan setiap pengendara memahami pentingnya keselamatan dalam setiap perjalanan. Dengan melibatkan komunitas secara aktif, optimis pesan keselamatan bisa tersebar lebih luas dan berdampak nyata. [dpid/TH]