Mitsubishi Donasikan Lima Mirage Untuk Uji Praktik Siswa SMK


JAKARTA (DP) – Kepedulian Mitsubishi Motors pada dunia pendidikan terus berlanjut. Dirangkum dalam ‘Mitsubishi CSR Education Program (MEP)’, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mendonasikan lima unit Mirage kepada lima Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia.

Penyerahan donasi secara simbolis diserahkan oleh Wisnu Wardhana, Director of Administration & Human Resources Division MMKSI, kepada perwakilan dari kelima SMK tersebut di Jakarta, Senin (23/4).

Adapun kelima SMK itu adalah SMK Muhammadiyah 1, Pekanbaru, SMK 2 Mei Bandar Lampung, SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Kendal, SMKN 3 Singaraja, Bali,  dan SMK Kartika V-1 Balikpapan.

PR & CSR Dept. PT MMKSI, Gian Prima Yogi, mengatakan tujuan dari MEP adalah untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Indonesia melalui pemberian alat praktik berupa kendaraan dan pelatihan otomotif bagi para siswa SMK terpilih.

“Kami juga memberikan pelatihan Mitsubishi Service Technician Education Program (M-STEP) 1 kepada 15 orang siswa dari masing-masing sekolah. Materi yang diberikan mencakup keterampilan teknik dasar otomotif dan menjadi program wajib bagi setiap mekanik Mitsubishi di seluruh dunia,” ujar Gian di JIExpo Kemayoran.

Baca juga:  AHM Edukasi Siswa SD Soal Pentingnya Hidup Sehat

Dalam program M-STEP 1, materi dasar otomotif meliputi sistem-sistem pada kendaraan, seperti mesin bensin atau diesel, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem power train, chassis dan sebagainya. Para siswa juga akan diberikan pengetahuan mengenai Pre Delivery Inspection (PDI), free service serta perawatan rutin kendaraan.

“Melalui pelatihan ini, diharapkan para siswa SMK akan memperoleh ilmu yang sangat aplikatif sehingga memiliki bekal keterampilan dan pengetahuan otomotif yang baik untuk memasuki dunia kerja,” tambah Gian.

Sebagai informasi, sejak 2014, PT MMKSI total sudah memberikan 32 unit mobil kepada 32 SMK di seluruh Indonesia. Adapun unit yang diberikan yaitu Mirage, Triton, Outlander Sport dan Colt Diesel. Gian mengakui tidak menutup kemungkinan ke depannya akan diberikan unit Xpander.

Malahan di antara kelima SMK yang diberikan unit donasi, ada satu sekolah yang ternyata juga membeli sendiri Xpander, yakni SMK Muhammadiyah 3 Weleri Kendal.

Baca juga:  Royal Enfield Himalayan, Motor Enduro Pecinta Turing Sejati

Adapun sekolah-sekolah terpilih punya kriteria tersendiri sehingga termasuk dalam program MEP. Salah satunya adalah sudah terakreditasi A. Selain itu juga memiliki fasilitas uji praktik untuk mesin. [dp/MT]