Mitsubishi Motors Memulai Rangkaian Ekspor Xpander ke Kawasan ASEAN | dapurpacu.id

Mitsubishi Motors Mulai Rangkaian Ekspor Xpander ke ASEAN


JAKARTA (DP) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi memberangkatkan ekspor perdana small MPV Mitsubishi Motors Xpander, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (25/4). Filipina menjadi negara tujuan ekspor pertama di wilayah ASEAN.

Dijadwalkan total 30.000 unit bakal dikapalkan sepanjang tahun ini menuju negara-negara tujuan ekspor. Selain Filipina akan menyusul Thailand, Vietnam, Mesir, Bolivia serta Sri Lanka dalam bulan-bulan mendatang.

Selain Presiden Jokowi, hadir juga Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chief Executive Mitsubishi Motors, Osamu Masuko, dalam melepas ribuan unit Xpander setir kiri menuju lambung kapal.

Ekspor dan investasi, menurut Jokowi, menjadi sebuah kunci bagi pertumbuhan suatu bangsa. Dan langkah yang dilakukan Mitsubishi merupakan sebuah langkah tepat untuk menumbuhkan perekonomian bangsa Indonesia.

“Ekspor dan investasi merupakan kunci dari pertumbuhan negara, khususnya adalah ekspor non sumber daya alam. Namun saya harap Mitsubishi tetap menyerapkan tenaga kerja Indonesia,” ujarnya di sela-sela peresmian ekspor perdana Mitsubishi Xpander.

Baca juga:  Rayakan HUT ke-3, X-MOC 'Perketat' Kesolidan Lewat Daring

Sebagai informasi, saat ini kapasitas produksi pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) mampu menghasilkan 160.000 unit per tahun. Dari jumlah itu, sekitar 50% dialokasikan untuk produksi Xpander. Investasi kembali digelontorkan Mitsubishi Motors untuk menambah peralatan pada proses welding dan assembly.

Tingginya permintaan Xpander secara signifikan di pasar domestik menuntut pabrik memberlakukan dua shift sejak Oktober tahun lalu. Dengan mulai dilakukannya ekspor, mau tidak mau pabrik akan menyerap lagi sekitar 400 karyawan untuk mendukung proses produksi.

Hal ini dilakukan dalam rangka memuluskan rencana bakal meningkatkan produksi Xpander menuju angka 10.000 unit per bulan pada Juli mendatang. Sejak diluncurkan Agustus 2017, jumlah pemesanan yang berhasil ditorehkan low MPV andalan Mitsubishi ini telah mencapai 66.000 unit di seluruh Indonesia.

“Saya gembira melihat perusahaan dapat berkontribusi pada pertumbuhan Indonesia, berkat dukungan Pemerintah Indonesia, mitra distribusi, pemasok dan semua yang hadir di sini. Karena semua itu ekspor Xpander bisa menjadi kenyataan,” kata Masuko.

Baca juga:  Rayakan HUT ke-3, X-MOC 'Perketat' Kesolidan Lewat Daring

“Ekspor Xpander merupakan tonggak penting dalam rencana bisnis kami yang sedang berlangsung, serta lebih jauh lagi menambah kuat pondasi kami di ASEAN, yang merupakan pendorong utama pertumbuhan kami di kawasan ini”, lanjut Masuko.

Peluncuran ekspor Xpander dan pengembangan pabrik di Indonesia akan berkontribusi kuat terhadap produksi Mitsubishi Motors secara global, serta penjualan di seluruh kawasan ASEAN. Di kawasan ini, populasi pengendara muda dan dinamis diklaim tertarik dengan kendaraan SUV dan pick-up tangguh dan handal dari Mitsubishi. [dp/MT]