BMW Siap ‘Menyengat’ dengan SUV Listrik iX3


JAKARTA (DP) – Menjelang berakhirnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, BMW memperkenalkan mobil konsep bertenaga listrik bernama Concept iX3 di Beijing Motor Show 2018.

Secara desain, crossover kompak ini sekilas mirip dengan X3 dan X5, namun memiliki gaya lebih futuristik. Desain beberapa bagian panel ada yang diambil dari model BMW seri i, dan gril berbentuk jantung kini berukuran lebih besar dan tegas. Meski masih sebatas konsep, tapi iX3 versi produksi sepertinya tak akan jauh berbeda.

Menurut BMW, iX3 menggunakan sebuah motor listrik yang menghasilkan tenaga 268 horsepower, atau lebih besar 20 horsepower dibandingkan dengan model X3 bermesin empat silinder turbocharged.

Untuk motor listrik ini mendapat pasokan daya dari baterai berkapasitas 70 kWh, sehingga BMW iX3 dapat menempuh jarak sekitar 249 mil (407 km). Asyiknya, iX3 juga mendukung fitur pengisian baterai cepat (fast charging) dengan menggunakan charger berkapasitas hingga 150-kW. Dengan charger tersebut, pengisian daya baterai hanya butuh waktu 30 menit.

Baca juga:  Hyundai Hadirkan The Grand Santa Fe Dengan 'Amunisi' Terlengkap

BMW mengatakan iX3 baru akan diluncurkan pada 2020 mendatang dan akan diproduksi di China. Dapur pacu anyar ini kemungkinan besar juga akan diaplikasikan pada beberapa model BMW baru lainnya, termasuk iNext versi produksi.

Kehadiran iX3 dapat menjadi langkah penting bagi pabrikan asal Bavaria tersebut untuk mencapai target meluncurkan 12 mobil listrik murni hingga 2025.

Sementara itu di Tanah Air, sejumlah agen pemegang merek yang ikut ambil bagian dalam ajang IIMS 2018, masih fokus menawarkan model-model kendaraan bermesin konvensional. Pasalnya, pemerintah masih belum menerbitkan regulasi yang mengatur mengenai mobil ramah lingkungan, termasuk mobil hybrid dan mobil listrik. [dp/TGH]