Honda Garap ‘Adik’ BR-V, Tampilan Boleh Juga

NEW DELHI (DP) – Segmen mobil jenis SUV dan crossover terus meningkat di mana-mana, tak terkecuali di India. Untuk itu, Honda mengembangkan dua model SUV anyar untuk bertarung di sana.

Autocar India melaporkan, dua SUV baru racikan Honda itu akan dikhususkan untuk meluncur di pasar India, dan salah satunya akan menantang Hyundai Creta. Rencananya, SUV yang merupakan ‘adik’ dari Honda BR-V itu akan dirilis pada 2021.

Honda menyebutkan, SUV anyar itu akan menggunakan platform yang sama dengan yang dipakai Honda Amaze 2018, yakni platform 2UA. Platform ini diklaim sangat fleksibel dan dapat mengakomodasi roda berukuran besar, yang menjadi aspek penting bagi model SUV.

Untuk dimensinya, SUV baru ini akan memiliki panjang sekitar 4,2-4,3 m, lebih pendek dari Honda BR-V (4.453 mm), tapi sama panjangnya dengan Hyundai Creta (4.270 mm).

Sedangkan untuk konfigurasi tempat duduk SUV anyar Honda ini belum diketahui. Tapi jika mengacu pada Hyundai Creta yang memiliki 7 tempat duduk, tak ada salahnya jika Honda menerapkan hal serupa.

Baca juga:  Honda Prelude Concept Gen 6, Muncul di Goodwood Festival of Speed 2024

Beralih ke dapur pacunya, SUV ini disebut-sebut akan menggunakan mesin diesel 1.5 L, yang juga akan dicangkokkan pada Honda City generasi baru.

Honda juga punya opsi untuk menggunakan mesin diesel yang diproduksi di India, yaitu mesin berkapasitas 1.6 L i-DTEC, yang akan dipasangkan pada Civic dan CR-V spesifikasi India.

Belum diketahui apakah Honda akan berubah pikiran untuk memasarkan kedua SUV tersebut ke negara lain, karena secara dimensi dan harga kemungkinan cocok untuk kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. [dp/TGH]

Previous articleBerkat Ini DFSK Glory 580 Raih Gelar SUV Terbaik
Next articleToyota Yaris Sedan Andalkan ‘Jurus’ Ini Biar Memikat