NEW DELHI (DP) – Ducati India baru saja meluncurkan Ducati Monster 821, dan pemesanan sudah dibuka mulai sekarang dengan pengiriman unit ke konsumen pada pekan pertama Juni mendatang.
Ducati Monster 821 model 2018 ini adalah generasi terbaru setelah generasi sebelumnya sudah tidak lagi dipasarkan di Negeri Bollywood itu karena tidak memenuhi standar emisi yang ditetapkan. Dibandingkan dengan generasi lama, Ducati Monster 821 model 2018 ini selain mengalami ubahan mekanikal juga berubah secara desainnya.
Perbedaan paling kentara antara Ducati 821 lawas dengan yang baru adalah bentuk tangki dan buritannya, yang sekarang sudah berubah total. Tak hanya itu, desain lampu utama dan knalpot juga berubah.
Untuk desainnya terinspirasi dari Monster 1200, dan model Monster 821 ini juga sebagai ‘penghormatan’ bagi Monster 900, yang lebih dari 25 lalu merevolusi segmen sepeda motor telanjang (naked).
Hal yang baru pada new Monster 821 adalah layar warna TFT yang dilengkapi indikator perpindahan gigi dan bahan bakar.
Menurut Sergi Canovas Garriga, Managing Director of Ducati India, new Monster 821 ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Ducati Yellow, Ducati Red dan Black.
Dapur pacu dari new Monster 821 adalah mesin Testastretta L-twin berkapasitas 821cc dan ditunjang teknologi fuel injection. Mesin yang sudah memenuhi standar emisi BS-IV itu menghasilkan tenaga 108,7 PS pada 9.250 rpm dan torsi puncak 86 Nm opada 7.750 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui girboks 6 percepatan dengan slipper clutch.
Ducati Monster 821 juga dilengkapi dengan fitur Ducati Safety Pack sebagai peranti standar. Peranti ini meliputi Bosch 9.1MP ABS system dan Ducati Traction Control, yang keduanya bisa disetel.
Fitur Power Modes pada Monster 821 dapat membantu menyesuaikan tenaga maksimum dan resposn gas. Sedangkan Riding Modes dapat memudahkan untuk mengatur ABS, Ducati Traction Control dan Power Modes. Dengan begitu, penunggang Monster 821 punya ciri pengemudian berbeda sesuai keinginan.
Beralih ke peranti penghenti laju, Monster 821 menggunakan dua cakram 320 mm dan kaliper radial monoblok M4-32 pada roda depan. Untuk roda belakang dibekali cakram berukuran 245 mm.
Pengendalian makin mantap dengan dukungan garpu depan upside down 43 mm dan suspensi belakang menggunakan monoshock dengan spring preload adjustment. Untuk ban yang dipakai Monster 821 adalah Pirelli Diablo Rosso III 120/70 pada roda depan dan 180/55 untuk roda belakang. [dp/TGH]